T.H.R (Tiap Hari Rindu) "Yang mahal dari suatu pertemuan adalah ketidakhadiran. Yang mahal dari suatu perpisahan adalah ...

T.H.R

 
 
T.H.R (Tiap Hari Rindu)

"Yang mahal dari suatu pertemuan adalah ketidakhadiran. Yang mahal dari suatu perpisahan adalah kehadiran". -sayquotable

Setiap pertemuan yang mengesankan, akan selalu banyak cerita. Bahkan amat disayangkan jika moment tersebut terlewatkan. Sepertihalnya ramadhan, yang mempertemukan kita dengan kesempatan baru. Kesempatan untuk berkaca diri dengan hari lalu. Kesempatan yang memaksa untuk berubah. Mengubah hal yang tak biasa, menjadi terbiasa. Dari mulai membiasakan diri melawan amarah, mengatur urusan perut, makan dini hari dan berlomba dalam kebaikan. 

Lama kita merindunya. Ramai kita menyambutnya. Sepinya mesjid yang tak biasanya, mendadak penuh sesak diawal kedatangannya. Wajah sore yang tak sesemarak biasanya, kini mulai menampakkan keceriaan pada mereka yang "ngabuburit". Senang beradu rindu tenggelam dalam kebahagiaan. Banyak hal mendadak yang tak ditemukan sebelumnya. Seperti mendadak rajin ke mesjid, mendadak baca quran, mendadak berbagi (takjil), dan mendadak berlomba-lomba dalam kebaikan. Asalkan bukan mendadak dangdut, hal ini menjadi trend positif tersendiri. Ganjaran pahala berlipat-lipat menjadi dasar utamanya. Dengan tentunya mengutamakan ridha-NYA.

Maka merugilah jika kesempatan emas ini terlewatkan tanpa meninggalkan kesan yang membekas. Karena belum tentu kita mendapat kesempatan emas ini lagi dilain waktu. Tidak ada jaminan pertemuan kita berlanjut dipertemuan berikutnya. Maka puaskanlah kerinduan dengan hal yang diperintahkanNYA. 

Sepenggal kutipan dari Kurniawan Gunadi: "Perpisahan tidak sejatinya memisahkan. Ia hanya memberi jarak untuk pertemuan-pertemuan yang lain". Ramadhan memang akan berlalu. Bukan berarti memisahkan kita dari kebiasaan baik yang baru. Karena sejatinya, Ia hanya memberi jarak pada kita, untuk pertemuan selanjutnya. Semoga kita dipertemukan kembali dengannya, dimampukan menjadi muslim disegala musim, dan mendapatkan THR (Tiap Hari meRindukannya).

0 komentar: