Memanah adalah olahraga yang biasa dilakukan Rasul, selain berkuda. Hampir mirip dengan catur, memanah bukan olahraga yang menguras fisi...

Panah Ikhtiar



Memanah adalah olahraga yang biasa dilakukan Rasul, selain berkuda. Hampir mirip dengan catur, memanah bukan olahraga yang menguras fisik. Namun butuh konsentrasi penuh, fokus, juga ketenangan.

BTW ada yang suka panahan? Atau ada yang sudah punya busur panah? Saya baru punya panah asmara. Bagi yang belum punya, bisa pesan ke saya. :D

Diperhatikan sekarang sedang nge-trend-nya olahraga memanah. Dari yang tujuannya sekedar hobi, gaya-gayaan, hingga serius menekuninya. Bisa dilihat dari update postingan di berbagai kanal media. Menjamurnya komunitas memanah, menjadi berkah tersendiri bagi penjual busur panah.

Ada hikmah yang bisa diambil dari memanah ini. Tentang ikhtiar dan tawakal. Saat kita fokus membidik sasaran, menarik busur panah, konsentrasi dengan ketenangan, itulah ikhtiar. Persis saat kita mengupayakan impian. Butuh ikhtiar. Tapi ikhtiar saja tidak cukup. Butuh tawakal (berserah). Sebab ada hal-hal yang diluar kendali kita yang bisa mempengaruhi tujuan dan terwujudnya impian tadi. Seperti halnya kecepatan angin, anak panah patah tiba-tiba, tali panah putus, salah sasaran, dan lain sebagainya yang bisa mempengaruhi target sasaran. Sama halnya mengupayakan impian. Boleh jadi rencana kita sudah rapi. Tapi pada faktanya tidak sesuai harapan. Disinilah kita butuh tawakal. Sebab realitanya ada hal-hal yang tak bisa kita kendalikan.

So apapun hasilnya, pasrahkan dan percayakan pada Yang Maha Tahu. Sebab itulah sebaik-baiknya untuk kita.

See u on instagram: @firmansyahfazar

0 komentar: