Setiap kejadian adalah sebuah pembelajaran.  Melakukan hal yang tidak didasari dan dilengkapi ilmu hanya akan membuat kita lelah ...

Semua Ada Ilmunya



Setiap kejadian adalah sebuah pembelajaran. 
Melakukan hal yang tidak didasari dan dilengkapi ilmu hanya akan membuat kita lelah dan terlihat bodoh. Seberapapun usaha yang dicoba jika tanpa ilmu akan terus menerus seperti itu tanpa perubahan. Sebab dengan ilmulah kita jadi memahami mengapa kita harus melakukan dan bagaimana kita melakukan. Dan ilmu itulah yang nantinya akan menjaga dan melindungi kita dari kebodohan.


Berbicara soal ilmu saya jadi teringat pengalaman beberapa tahun lalu. Saat itu ada kolam berisikan ikan di depan rumah. Setiap ada orang mendekati kolam tersebut ikan-ikan tadi langsung menepi mendekati posisi orang tadi. Seakan meminta kode ingin diberi makan. Insting mereka telah terlatih karena kebiasaan. Hampir semua makanan yang diberikan selalu disambutnya dengan antusias. Saya yang melihatnya seperti asyik saja sudah seperti menonton pertunjukkan sirkus. Keesokan harinya saya coba memberi makan ikan-ikan tersebut. Dalam hati saya bertanya "mereka yang ngasih makan kemarin harus dibagi 3 waktu. Pagi, siang, sore. Kenapa gak disekaliguskan saja biar simpel dan tidak lupa karena takutnya nanti siang dam sore tidak keburu ngasih makan. Akhirnya dikasihlah makan dengan porsi sangat banyak. Berharap para ikan kenyang sampai sore dan saya tidak perlu memberi pakan lagi di siang dan sore hari. Tapi apa yang terjadi? Sore harinya banyak ikan yang mati. Dalam hati bertanya lagi "Wah petaka nih. Bakal habis diomelin Bapak nih". Banyak ikan mati karena terlalu banyak makan. Dan apa yang saya lakukan tadi ternyata salah dan sebuah kebodohan karena tidak tahu ilmunya. Kalau saja sudah tahu ilmunya dari awal mungkin tidak akan terjadi seperti ini. Dan karena ini sudah terjadi dan menjadi pengalaman juga pembelajaran, ilmu tersebut pun akhirnya bisa didapat.


Banyak cara mendatangkan ilmu. Bisa berguru pada mereka yang berilmu ataupun belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain. Selama kita berusaha dan tak kenal menyerah. Akan selalu ada ilmu baru bagi kita yang ingin belajar dan haus akan ilmu.

0 komentar: