Header Ads

ad

Mengalahkan Diri Sendiri



Bekerja seorang diri kadang memang bisa dikerjakan dengan cepat, selain tentunya kepuasan terhadap hasilnya bisa dinikmati sepenuhnya. Tapi bekerjasama dengan tim akan memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain mengefisienkan waktu dan tenaga, bekerjasama dengan tim juga melatih skill berkomunikasi, cara memahami orang lain, dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain dengan kelebihan masing-masing.


Hal yang paling sering didapatkan dalam bekerjasama adalah soal mengalahkan diri. Sebab sering terjadi semakin banyak kepala semakin banyak pertimbangan yang akhirnya muncul perselisihan pendapat yang berujung debat. Seringkali ego yang besar membuat kita merasa besar. Ketika ada sebuah tim, bukanlagi bicara soal aku tapi sudah harus kita. Meski kadang ide kita tidak selalu diterima rekan yang lain. Darisanalah kita belajar bernegosiasi, bermusyawarah untuk mufakat, menentukan hasil pemikiran juga mendidik kita menjadi bijak dengan mengumpulkan pendapat dari semua rekan. Semakin banyak perspektif yang muncul, semakin menambah ide kreatif. Karena kadang ide yang kita paparkan bisa jadi kaku dan basi jika hanya memakai sudut pandang pribadi. Beda jika menyertakan ide dari orang lain. Akan ada kreatifitas dan perspektif baru dari ide-ide rekan lain.


Musuh terbesar bagi kita bukanlah orang lain atau bahkan kompetitor. Tapi justru sering datang dari diri sendiri. Merasa diri paling baik segalanya, paling kreatif, paling banyak tahu, dan paling bagus dari segalanya. Hal ini selain berbahaya juga bisa menjadi bumerang bahkan bom waktu yang akan merusak reputasi bahkan karir kita. Setiap orang adalah pemimpin, bagi dirinya sendiri. Jika kita sudah mampu memimpin diri sendiri maka tidak akan sulit untuk kita dipimpin nanti. Sebaliknya, jika saat ini sulit memimpin diri sendiri maka jangan salahkan pemimpin jika kita sering disalahkannya. Setidaknya kita memang harus ikhlas dalam memimpin juga dipimpin. Dan mengalahkan diri sendiri adalah tantangan awal dan dasar dalam kata lain modal kita untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Selain mampu bekerjasama dengan tim.


So, kapan Anda mengalahkan diri sendiri?

No comments