Jangan takut dibilang bodoh. Karena bodoh modal awal kita untuk pintar. Kurang lebih 11 tahun yang lalu seorang anak yang baru lulus ...

Jangan Takut Dibilang Bodoh



Jangan takut dibilang bodoh. Karena bodoh modal awal kita untuk pintar.

Kurang lebih 11 tahun yang lalu seorang anak yang baru lulus SMP mendaftarkan diri ke SMA favorit di kota tersebut. Selain terkenal karena prestasinya, SMA tersebut sudah banyak menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas dan terbilang sukses. Bagi anak kemarin sore yang bukan juara umum, belum pernah juara kelas, tapi juga tidak pernah tidak naik kelas, tentu sedikit membuat nyalinya menciut. Membawa hasil nilai ujian nasional yang terbilang sudah lumayan Alhamdulillah, menambah rasa minder yang tengah menjamur. Kekhawatirannya muncul oleh sebab rasa bodoh yang dirasanya. Mungkin dalam hatinya sedikit bertanya, apakah dia mampu masuk dan diterima di sekolah tersebut atau tidak. Dan jika diterima apakah dia bakal jadi juru kunci kelas karena hampir semua yang daftar adalah mereka yang punya prestasi dan dari sekolah bergengsi juga. Ketakutan dan kekhawatiran terus mendekatinya. Sampai pada suatu ketika, saat sudah dipastikan mendapat kursi di sekolah tersebut semua yang dikhawatirkannya tidak seperti yang dibayangkan.

Kadang kita pernah merasakan diposisi anak tadi. Takut memulai karena memikirkan hal terlalu jauh. Padahal setelah dijalani semuanya terasa fine-fine saja. Kita khawatir dan takut karena merasa diri kita adalah yang paling bodoh. Padahal bodoh tadi adalah modal awal kita untuk pintar. Asalkan mau belajar. Kalau dari awal tadi anak tersebut sudah merasa pintar pastinya tidak ada kekhawatiran dan rasa takut yang dia ciptakan. Dan kalaupun sudah pintar, buat apa lagi dia melanjutkan sekolah. Sebab sekolah bukan tempat untuk mereka yang pintar. Bukan juga tempat untuk mereka yang bodoh. Tapi tempat bagi mereka yang mau belajar. Pintar dan bodoh hanyalah akibat dari sebab yang dinamakan kemauan untuk belajar.

So, jangan takut dibilang bodoh. Tapi takutlah dibilang pintar karena sok pintar dan merasa pintar. Sebab bodoh adalah modal awal kita untuk pintar. Asalkan mau belajar.

BTW ada yang belum pernah juara kelas disini?

0 komentar: