Header Ads

ad

Jangan Seperti Kambing

Jangan Seperti Kambing

Idul adha menjadi moment mendulang rezeki bagi mereka peternak kambing, sapi, maupun domba. Tidak sedikit mereka kebanjiran orderan menjelang hari raya ini. Diantara hewan yang paling banyak dijual diantaranya tiga hewan yang disebut di atas.

BTW ada pelajaran yang bisa diambil dari seekor kambing di moment idul adha ini. Siapa yang tidak tahu hewan satu ini? Aroma tubuhnya yang khas, susunya yang banyak khasiatnya, hingga suaranya yang sering mengembing dikala lapar. Ya. Ketika kambing lapar, mereka akan mengembing sebagai kode agar mereka segera dikasih makan. Tapi apa yang terjadi setelah mendapat makan? Apakah mereka akan tetap mengembing? Rasanya tidak ya. Karena habis makan biasanya kalau gak ngantuk ya mager. Hehe.

Jangan-jangan diantara kita ada yang seperti kambing tadi. Sering merengek dan meminta-minta saat punya hajat. Tapi begitu hajat tersebut terpenuhi, kita seakan melupakan dan enggan lagi untuk meminta kepadaNYA bahkan melupakan nikmatNYA. 
Ada pesan pengorbanan dalam idul adha. Ketika Nabi Ibrahim diperintahkan Allah untuk menyembelih anak satu-satunya. Nabi Ibrahim tidak serta merta menolak perintahNYA. Karena Ia yakin perintahNYA akan selalu dalam kebaikan. Dalam hal ini kita tidak harus menyembelih putra kita karena memang tidak diperintah seperti itu. Tapi kita bisa menyembelih sifat-sifat kehewanan yang ada pada diri kita. Semoga kita bisa menjadi manusia seutuhnya dan tidak seperti kambing yang melupakan nikmatNYA. :)

No comments