Sudah dua hari ini TV di rumah tidak menampilkan gambar siaran. Seperti ada ketidakberesan. Dugaan awal mungkin antena-nya rusak. S...

Jangan Cari Asap. Carilah Api!



Sudah dua hari ini TV di rumah tidak menampilkan gambar siaran. Seperti ada ketidakberesan. Dugaan awal mungkin antena-nya rusak. Setelah diputar-putar, tanpa dijilat dan dicelupin tak kunjung menampakkan hasil membaik. Segala macam kabel dicabut pasang, namun tetap tak membuahkan hasil. Dicoba program ulang, hasilnya tetap saja.


Memang sedikit mengajarkan kesabaran. Dalam hati bertanya "gak mungkin TV nya yang rusak. Kalau pun ganti TV gak logis dan pasti hasilnya tetap sama". Ganti TV memang bukan solusi karena kita belum tahu pangkal permasalahannya. Ganti kabel sudah dicoba namun masih sama. Akhirnya dicoba ganti antenna dan gotcha. TV sudah kembali normal. Bagi yang biasa nonton utaran pun kini sudah kembali bisa nonton.


Dalam memecahkan permasalahan memang butuh trial and error. Jangan terfokus pada asap. Tapi carilah penyebab asap tersebut "api". Jangan sibuk mencari dampak. Tapi carilah sebabnya. Kuncinya jangan menyerah dan teruslah jadi pembelajar.

0 komentar: