Percaya atau tidak, dalam hukum probabilitas, semakin banyak kita mencoba semakin besar juga peluang kita untuk berhasil. Tanpa banyak menc...

Apa Yang Sudah Dilakukan Dengan Waktu?

Percaya atau tidak, dalam hukum probabilitas, semakin banyak kita mencoba semakin besar juga peluang kita untuk berhasil. Tanpa banyak mencoba kita tidak akan tahu sudah sejauh mana kita berhasil. Karena pada akhirnya keberhasilan selalu membutuhkan waktu. Ada yang cepat dan ada yang panjang. Namun bukan perkara soal waktu yang harus dipermasalahkan. Melainkan apa yang sudah kita lakukan dengan waktu yang kita miliki. Sekalipun usaha yang dilakukan kita dengan orang lain sama. Hasilnya bisa berbeda. Kita tidak bisa membandingkan keberhasilan orang dengan yang kita raih. Sebab tantangan dan visi dalam meraihnya jelas berbeda. 

Di kehidupan nyata ada yang sekolah ditempat yang sama, mendapatkan guru yang sama, dan usaha yang dilakukan pun boleh dikatakan sama-sama dalam perjuangan. Namun hasil akhirnya terkadang tidak sama alias berbeda. Si A bisa berhasil dalam waktu singkat. Sementara si B harus menunggu panjang. Setiap orang punya masanya tersendiri. Bukan waktu yang harus disalahkan. Tapi kitalah yang harus bertanya "Apa yang sudah dilakukan dengan waktu yang dimiliki?"

Kalau kata orang "habiskan saja jatah gagalmu" dan "teruslah berjuang sampai habis kegagalanmu" tapi nyatanya keberhasilan belum juga dalam genggaman, itu artinya kegagalan kita belum habis. So, teruslah berjuang dan perbanyaklah percobaan sampai jatah kegagalan kita habis. Never Give Up!

0 komentar: