Hidup adalah pilihan. Memilih ataupun tidak sudah termasuk pilihan. Masing-masing dari kita memiliki jalan hidup yang sudah digariska...

5 HAL INI SERING KITA JADIKAN KAMBING HITAM



Hidup adalah pilihan. Memilih ataupun tidak sudah termasuk pilihan. Masing-masing dari kita memiliki jalan hidup yang sudah digariskan dan apa yang terjadi dikemudian hari bukanlah suatu kebetulan. Melainkan karena sudah ada yang merancang dan merencanakannya. Karena segala sesuatunya terjadi bukan tanpa sebab, tapi karena adanya alasan.

BTW, pernah gak kita merasakan ketidakadilan dalam hidup? Entah karena kita kurang kaya, kurang ganteng, atau mungkin kurang asem ajar. Percayalah hal itu terjadi karena kita sering membanding-bandingkan kesedihan kita dengan kebahagiaan orang lain. Padahal masing-masing dari kita punya kebahagiaan tersendiri. Dan yang paling sering terjadi saat merasakan ketidakadilan adalah mengumpat sambil mencari kambing hitam. Entah apa dosanya kambing hitam ini, sampai sering dibawa-bawa ke permasalahan hidup manusia. Hehe

Ya. Contoh saja, saat kita sudah mati-matian belajar, ikut les privat, beli banyak buku referensi, sering jadi juara kelas, baik hati pas ujian ngasih jawaban ke teman-teman, tapi pas ujian hasilnya tidak sesuai harapan. Nilai berkata kita tidal lulus. Disisi lain mereka yang nyontek malah justru lulus. Apa yang dirasakan? Ngenes, dongkol, dendam, hingga semua aura negatif terpancar dalam diri kita. Dan yang terjadi disaat ini biasanya langsung mengumpat ke media sosial dan cari kambing hitam sambil posting "Liat aja, ujian besok gak akan gue kasih jawabannya. Gara-gara dia gue gak lulus" :D

Tidak hanya di kasus ujian. Dalam hal apapun kita lebih suka dan sering mengumpat dan mencari kambing hitam dibanding mencarikan solusi dari setiap persoalan hidup kita. Padahal kita pun tahu dengan melakukan hal tadi tidak akan mengubah keadaan. Justru malah menambah keruh keadaan. Tapi mungkin bagi beberapa orang, melakukan hal tadi dianggap melegakan bahkan gatal jika tidak melakukan hal demikian.

Ngomong-ngomong soal menyalahkan keadaan atau mencari kambing hitam, berikut ada 5 hal yang paling sering dijadikan kambing hitam oleh kita:

1. WASIT
Bagi pecinta bola pasti sering nyinyir wasit. Udah ngaku aja. :D Terlebih jika tim kesayangan kita kalah dan merasakan ketidakpuasan pada setiap keputusan wasit. Dan lucunya pas tim kesayangannya menang, mereka fine-fine aja. Segala bentuk makian dan cacian keluar dari mulut dan jari mereka. Bahkan yang tadinya jarang maki-maki pun jadi ikut-ikutan nyampah di jejaring sosial. Umpatan pun dengan cepat muncul diberbagai lini jejaring sosial.

Padahal sesering dan sekesal apapun kita memaki wasit, mereka tetap dibayar. Sementara kita? Dibayar nggak capek iya. Bahkan sekeras apapun umpatan kita, tidak akan bisa mengubah keputusan mutlak dari wasit. So, think before you speak. Your word is your sword :)

2. ANGIN
Bagi yang pernah main badminton di ruangan terbuka pasti pernah atau sering menyalahkan angin. Bahkan angin pun sering disalahkan gara-gara sering masuk ke badan orang dan keluar tanpa permisi. Dan itu bisa menyebabkan saling tuduh dan saling tuju.

3. PRIA
Nah loh. Dibalik sisi maskulinnya, pria menyimpan rasa bingungnya karena seringkali susah memahami makhluk yang bernama wanita. Di sisi lain, wanita sering memperagakan kode-kode yang kadang tidak bisa ditangkap pria dalam berkomunikasi. Selain ini, wanita juga sering memaksa pria untuk bisa membaca isi hatinya, padahal jelas-jelas pria bukanlah peramal dan tidak semuanya punya indera ke-6. Ditanya makan dimana, dijawab terserah. Ditanya kamu kenapa, dijawab gak kenapa-kenapa. Jawaban yang diberikan terkesan ambigu. Hal ini menandakan seolah-olah pria selalu salah di mata wanita. Untuk para ladies no offense :)

4. TUKANG NASGOR KELILING
"Bro, tukang nasgor yang biasa keliling kemana?"
"Belum lewat kayaknya, tunggu aja bentar"
Dan selang 6 jam kemudian tukang nasgor pun tidak menampakkan batang hidupngya.

"Gila lo bro, gue tungguin tuh tukang nasgor gak datang-datang"
"Giliran gue laper tuh orang gak lewat-lewat. Giliran pas kenyang si kampr*t malah lewat"

Pernah mengalami hal ini? 
Mungkin tukang nasgor mirip-mirip jodoh dikit. Ditungguin gak lewat-lewat. Lagi gak pengen malah lewat. Sekalinya disamperin banyak yang ngantri. Hehehe

5. JOYSTICK
Para gamers pasti sering kan nyalahin benda ini. Apalagi para pcinta game PES atau FIFA. Benda ini sering jadi sasaran kambing hitam disaat kita kalah bertanding. Mulai dari tombolnya sudah rusak-lah, kabelnya kurang lurus-lah, sticknya kotor-lah, sampai alasan yang tidak perlu lainnya.


Well, menyalahkan memang mudah. Tapi bukan itu yang dibutuhkan kita untuk mengubah keadaan. Karena kita butuh kesadaran diri untuk bisa menerima keadaan dan mengubah hal pahit tadi jadi jamu yang menyehatkan kita. Setuju?

0 komentar: