Jika dalam rumus matematika negatif dikalikan negatif akan menghasilkan positif, maka tidak berlaku dalam hal pikiran. Jika rumus tadi ...

5 ALASAN KENAPA KITA HARUS MENJAUHI NEGATIVE THINKING



Jika dalam rumus matematika negatif dikalikan negatif akan menghasilkan positif, maka tidak berlaku dalam hal pikiran. Jika rumus tadi berlaku, mungkin akan terjadi kekacauan. Apakah Anda percaya jika pikiran negatif dikalikan dengan pikiran negatif akan menghasilkan pikiran positif? Pikiran negatif yang kita keluarkan, entah disengaja atau tidak, dirasakan atau tidak, tidak beda jauh perannya seperti parasit yang akan terus menerus mengorogoti pikiran kita. 

Diantara banyak penyebab tumbuhnya pikiran negatif, yang paling dominan adalah masih memelihara rasa curiga dan dengki. Curiga terhadap orang lain ataupun takdir yang kita terima dan susah melihat orang lain senang, tentu lebih banyak ruginya. Berikut 5 Alasan kenapa kita harus menjauhi negative thinking:

1. Pikiran negatif sering tidak terasa kehadirannya. Namun lambat laun dia akan membuat kita kerdil
Buka hati, buka pikiran
Anda perna merasa paling tahu, paling benar, paling hebat, atau paling segalanya? Waspadalah itu salah satu tanda kehadiran pikiran negatif lewat kesombongan. Saat kita merasa paling segalanya, seringkali kita tidak percaya apa yang dikatakan orang pada kita dan bahkan kita seringkali menganggap remeh dan merasa tidak butuh saran dari mereka. Memang merasa paling dari segalanya terkesan kita punya nilai lebih, namun justru bisa jadi over karena kita telah menutup diri dari luar. Bukankah kita pun butuh masukan, saran, bahkan kritik dari orang lain sebagai feed back penilaian kita? Percayalah pikiran negatif bisa membuat kita kerdil karena kita menolak berpikiran terbuka. Jika sudah seperti itu, sebaiknya kita mulai mereset pikiran kita dan mengusir pikiran negatif sejauh mungkin.


2. Rezeki enggan datang pada mereka yang memelihara pikiran negatif

juhi pikiran negatif atau rezeki yang akan menjauhi kita

Percaya atau tidak, pikiran negatif bisa menghambat rezeki kita. Hal tersebut bisa terjadi karena kita merasa waswas, cemas, dan penuh curiga pada setiap kesempatan yang datang. Misal, saat kita menerima kedatangan teman lama ataupun keluarga yang jarang-jarang datang ke rumah, dan pikiran negatif sudah menguasai kita. Bisa-bisa mereka yang datang tadi kita curigai ingin meminjam uang pada kita atau bahkan menyusahkan kita. Padahal bisa jadi mereka tiba-tiba datang ke kita bukan untuk meminjam uang atau memberatkan diri kita. Siapa yang tahu mereka datang bawa hadiah, menawarkan ide bisnis ataupun menggelontorkan dana investasi pada kita. Who knows

Bayangkan, rezeki yang akan datang di depan mata bisa pergi berlalu begitu saja seperti halnya kita melirik wanita cantik namun wanita tersebut hanya memalingkan muka dan berlalu begitu saja di depan kita. Sakitnya tuh disini #eh. Nah jadi mulai sekarang buang semua pikiran negatif tadi. Karena tidak selamanya yang datang ke rumah kita itu untuk minta sumbangan, mengamen, atau bahkan meminjam uang. So, keep positive thinking guys :)


3. Pikiran negatif menciptakan ketakutan yang bisa melemahkan kelebihan kita

satu-satunya cara melawan ketakutan adalah dengan melawannya

Pikiran negatif seringkali menciptakan ketakutan pada kita yang membuat kita ragu untuk melakukan suatu hal. Saat ketakutan tadi muncul, kelebihan yang kita miliki akan dilemahkan olehnya hingga kita lupa dengan kekuatan kita. Ya, jika kita tida mampu melawan ketakutan tadi, kretifitas kita tidak akan mucul, dan mungkin saja tidak akan ada yang namanya inovasi pada hidup kita. Satu-satunya cara untuk melawan ketakutan tadi adalah dengan melawannya. Bukan malah menghindarinya. So, be bold


4. Selain tidak ada gunanya, pikiran negatif hanya akan menambah rasa lelah

jangan tambah rasa lelah dengan hal yang tidak berguna

Rasa lelah dalam menjalani setiap ujian hidup adalah wajar. Namun akan jadi tidak wajar jika kita menambahnya dengan pikiran negatif. Waktu yang kita gunakan jika dihabiskan untuk pikiran negatif, tentu sangat melelahkan dan pemborosan bukan? Sekarang pilihan ada ditangan kita. 


5. Pikiran negatif bisa menurunkan kualitas diri



Untuk menilai seseorang, lihatlah dari sikap dan perilakunya. Sikap dan perilaku itu sendiri dibentuk dari apa yang dia lihat, dengar, dan pelajari. Jadi jika kita terus-terusan dan sering berpikiran negatif, bisa jadi kita sering melihat hal yang tidak bermutu, mendengarkan hal yang tidak berkualitas, dan mempelajari hal yang sia-sia. Kalau kita hobinya nonton gosip, tayangan sampah tidak bermutu, maka diri kita pun akan mencerminkan seperti itu. Mau? So, mulai sekarang belajarlah memilah dan memilih mana yang harus benar-benar dipelihara dan mana yang harus dibuang jauh-jauh dan dicampakan.

Semoga 5 alasan tadi bisa bermanfaat dan membuat kita beralasan untuk bisa menjauhinya :)

0 komentar: