Header Ads

ad

Kalahkan Dulu Diri Kita



Setelah selama bulan desember 2014, blog ini sepi dengan postingan. Akhirnya, kini ada kabar gembira untuk kita semua. Bukan soal ekstrak kulit mangis. Hehe. Karena kesibukan yang bercampur rasa malas, yang terakhir mohon untuk tidak ditiru. Baru sekarang mulai ngeblog lagi. 

Kalahkan dulu diri kita. Judul postingan kali ini. Bukannya tanpa alasan mengambil judul tersebut. Semua orang tahu Everythings happens for a reason. Pun dengan judul postingan kali ini. Sebelum masuk ke bagian inti, ada pertanyaan yang harus Anda jawab sebelumnya. "Pernahkah Anda berambisi ingin mengalahkan pencapaian orang lain?". 

Masing-masing dari kita memiliki skala prioritas hidup yang berbeda satu sama lain. Hal itulah yang akan membedakan definisi sukses diantara kita. Namun dari perbedaan tersebut, masing-masing dari kita memiliki satu kesamaan, yaitu ambisi untuk menang. Dan kemenangan akan terjadi jika ada pihak yang dikalahkan. 

Saat kita melihat pencapaian orang, misal ada pengusaha yang sukses dengan jualan online, kita merasa panas ingin seperti dia dan melebihi pencapaiannya. Pun saat melihat kisah sukses orang lain. Atau saat kita merasa cukup ilmu dan skill untuk bertarung (bersaing) di dunia bisnis. tentu kita merasa lebih PeDe jika kompetitor kita akan mudah kita kalahkan. Bahayanya, rasa over PeDe tadi bisa kita miliki jika kita berambisi hanya untuk menantang dan mengalahkan orang lain. Padahal bisa jadi, orang yang kita tantang dan ingin dikalahkan, ilmunya lebih tinggi dari kita. Dan kalau itu berbalik terjadi, siapa yang malu?

Jangan pernah merasa kita cukup ilmu dan puas dengan apa yang kita miliki sekarang. Apalagi merasa sok pintar dan menantang orang lain hanya untuk menyalurkan ambisi kita untuk menang mengalahkan mereka. Justru, hal bodoh itu bisa erjadi jika kita berusaha keras untuk mengalahkan orang lain, dan menganggap diri kitalah yang paling pantas menang karena memiliki keunggulan yang lebih dari lawan kita. It's wrong guys.

Sebelum melakukan hal itu, lihatlah diri kita. Istilah kerennya "ngaca dulu deh". Karena sebelum melakukan itu semua ada hal yang lebih penting untuk dilakukan, yaitu kalahkan dulu diri kita. Karena sesungguhnya ego kitalah yang membuat ambisi menang tadi. Tidak salah jika kita memiliki ambisi untuk menang, namun tidak untuk mengalahkan orang lain. Ada 3 hal yang bisa kita lakukan jika ingin memenangkan peperangan: kenali dulu diri kita, kenali siapa lawan kita, dan kenali medan pertempuran. So, sudahkah Anda mengalahlan diri Anda? 

1 comment:

  1. buat saya Kuncinya mulai dari diri sendiri itu ilmu" paksa" hehehe

    ReplyDelete