Header Ads

ad

Pilihan Yang Terpilih



Setiap keadaan yang sedang kita rasakan saat ini adalah pilihan. Bagaimana kita merespon keadaan tersebut pun sebuah pilihan. Rupanya setiap langkah yang kita lakukan banyak mengandung pilihan sekalipun dalam menentukan keputusan kecil. Dalam menentukan setiap keputusan, sudah pasti kita sedang dalam proses memilih bukan? Lalu jika kita memilih pilihan A tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan bagaimana? 

Dalam hidup, terkadang apa yang kita impikan tidak selalu nampak menjadi nyata. Kita diberikan pilihan yang terkadang kita pun salah memilih agar kita mau belajar untuk menerima kenyataan. Sekalipun pilihan dirasa pahit dan kadang salah, toh itu pilihan yang kita pilih dan harus dipertanggungjawabkan. Karena tanpa memilih pilihan pun, sebenarnya kita sudah memilih pilihan. Sebagai contoh, misalkan bulan depan tepatnya hari senin kita akan mengikuti sebuah workshop atau seminar. Tiket sudah dipesan sejak jauh-jauh hari. Pilihan sebenarnya sudah ada diawal, apakah kita akan ikut atau tidak. Dan setelah tiba hari H, kita pun sedang diberikan pilihan. Apakah kita akan berangkat mengikutinya, atau membatalkannya dengan alasan tertentu. Keduanya termasuk pilihan dan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Jika kita memilih untuk mengikuti workshop atau seminar tersebut, tentunya kita akan mendapatkan keuntungan yang tidak dimiliki jika kita memilih untuk tidak mengikutinya. Keuntungannya bisa berupa, bertambahnya ilmu, relasi, dan pengalaman. Sementara jika kita memilih untuk tidak mengikuti acara tersebu, keuntungannya mungkin kita bisa kumpul bersama teman-teman atau hangout bareng mereka. Untuk kerugian dari masing-masing pilihan tersebut, biarkan Anda sendiri yang menjawabnya.

Terkadang kita sering memaksa orang untuk mengkuti pilihan kita. Padahal oranglain tidak akan nyaman jika disuruh menjadi diri kita. Mereka akan lebih nyaman menjadi dirinya sendiri. Sekedar menawarkan opsi pilihan itu sah saja, kalau memaksa lebih baik jangan. Karena pada dasarnya, setiap yang kita pilih pasti selalu ada sisi benefit dan kerugiannya. Kita pun pasti pernah merasa jika apa yang kita pilih adalah keberuntungan besar yang jika orang lain tidak mengikuti pilihan kita, mereka akan mendapat penyesalan. Padahal belum tentu seperti itu kenyataannya. Bisa saja mereka lebih beruntung dengan pilihan yang dipilihnya, sementara kita pun bisa merasakan penyesalan dengan tidak memilih pilihan mereka.

So, sekarang pilihan ada ditangan Anda. Life is choice, choose the best :)

2 comments: