Setiap orang, tentunya menginginkan kehidupan yang jauh lebih baik, baik dari segi ilmu maupun materi. Sebagian orang berpikir, jika ...

Ilusi Kekayaan



Setiap orang, tentunya menginginkan kehidupan yang jauh lebih baik, baik dari segi ilmu maupun materi. Sebagian orang berpikir, jika memiliki kekayaan akan memberikan kebahagiaan dan keamaan di hari tuanya nanti. Ada beberapa dari mereka yang susah payah membangun pundi-pundi keuangannya, menabung hitungan tahun, hingga menunda kebahagiaannya demi meeahut impian di masa tua (pensiun). Namun ada beberapa dari mereka yang berpegangan pada prinsip "let it flow". Apa yang sedang mereka miliki saat ini, maka nikmatilah. Untuk masa tua, biarkan mengalir seperti air karena toh masa depan itu gaib, jadi tak perlu muluk-muluk dipersiapkan, Anda termasuk golongan yang mana?

Semua orang ingin kaya. Namun arti dari kaya itu sendiri sering dipersempit maknanya, menjadi kaya akan materi (harta). Bahkan saking banyaknya orang yang ingin kaya, tidak sedikit dari mereka yang pura-pura kaya agar terlihat kaya. Ya, ada yang pendapatannya hanya 4 jutaan, tapi pengeluaran dan biaya hidupnya 6 juta. Hasilnya bisa ditebak, defisit. Akibatnya karena demi menjaga gengsi agar terlihat kaya, orang itu pun berhutang pada teman, keluarga, tetangga, dan yang lebih parah pada BANK hingga terjebak dengan yang namanya kartu kredit. Kartu kredit inilah yang akan mencelakakannya, karena kartu kredit itulah yang akan menciptakan ilusi kekayaan. Bagaimana tidak, orang yang kaya semu bisa terlihat kaya hanya dengan gesek sana sini bisa beli ini itu. Barulah setelah tagihan datang dengan bunga mencekik, kita tersadar dan terkaget-kaget sambil bertanya "darimana kita bisa membayarnya?". 

Ingin terlihat kaya, tapi memaksakan itu rasanya seperti memakai topeng. Rasanya panas dan pasti tidak akan tahan lama memakainya. Bahkan kata Bob Sadino pun "bergayalah sesuai iss dompetmu". Tak perlu lah kita memamerkan kekayaan, ingin terlihat wah, heboh, dan cetar membahana tapi realitanya masih dibawah normal. Bercita-cita kaya boleh saja, tapi harus tahu tujuan kita untuk kaya apa dan cara untuk mendapatkannya sudah halal dan bermanfaat atau belum? 

So, orang kaya itu adalah mereka yang TIDAK memiliki hutang dan pendapatannya naik tetapi pengeluaran hidupnya tetap. :)

0 komentar: