Header Ads

ad

5 Tips Untuk Yang Jobless



Mendapatkan pekerjaan adalah tantangan tersendiri bagi seorang Fresh Graduate. Di zaman persaingan yang ketat ini, memang terdengar sukar untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih bagi mereka yang tidak menyukai atau tidak terbiasa dengan yang namanya persaingan. Saat ini kita dituntut untuk bisa expert di bidang yang kita tekuni. Kalau tidak expert atau kemampuan kita hanya setengah-setengah, bersiaplah cepat atau lambat Anda akan terpinggirkan. Bagi sebagian orang mendapatkan pekerjaan itu sulit, ada lagi yang bilang gampang-gampang sulit. Apapun itu, berikut ada tips jika Anda belum menemukan pekerjaan (khususnya para fresh graduate).

1. Membangun Network
Anda bisa membangun network dengan sering bertemu orang-orang baru. Baik itu di komunitastertentu (offline/online), ataupun di kegiata-kegiatan tertentu seperti seminar, workshop, job fair, dan sebagainya. Dengan membangun network, otomatis Anda akan menambah banyak teman dan tentunya informasi dari berbagai latar belakang mereka. Simpelnya, sering-seringlah bersilaturahim. Baik itu ke sahabat, kerabat, teman, keluarga jauh, tetangga, dst.

2. Stop Waiting, Start Doing
Untuk Anda yang fresh graduate, jangan terlalu ideal dan pilih-pilih pekerjaan. Utamakanlah pengalaman. Boleh saja kita berangan-angan ingin kerja di perusahaan bonafit, tapi tentunya perusahaan tersebut pun lebih menyukai mereka yang berpengalaman. So, jangan terus menerus menunggu pekerjaan yang ideal. Selama itu halal dan bisa menambah pengalaman danmenjalin network, why not? Ingat umur bro, kebanyakan nunggu malah lama nganggur sementara umur terus mendekati expired :)

3. Buat Surat Lamaran dan CV Yang Menarik
Buatlah surat lamaran kerja yang menarik dan berbobot. Jangan hanya andalkan copy paste dari teman Anda. Buat CV yang menarik juga, penuhi CV Anda dengan skill dan prestasi Anda. Kalau skill dan prestasi masih minim, buatlah semenarik dan berbeda mungkin dari yang sudah ada. Kalau perlu masukin surat lamaran dan CV nya ke amplop yang ukuran gede. Ini pernah saya lakukan. Tujuannya agar lebih menarik perhatian HRD. Kalau ukuran amplopnya sama dengan yang lain, surat lamaran kita bisa saja terselip atau terbuang :)

4. Hijrah (Relokasi)
Jika Anda masih juga kesulitan mendapatkan pekerjaan, cobalah hijrah keluar dari istana Anda :) Anda bisa cari pekerjaan di kota lain, atau bahkan di negara lain. Ingatlah, Allah menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kita saling mengenal satu sama lain. Nah, salah satu cara untuk mengenal satu sama lain ya dengan hijrah. 

5. Buatlah Kerjaan
Nah, jika Anda masih belum juga mendapatkan pekerjaan. Selamat, berarti Anda adalah calon pengusaha. :) Kuncinya jangan nyerah dan putus asa. Tidak mendapatkan pekerjaan, bisa jadi itu kode alam agar kita membuat pekerjaan sendiri alias buka usaha. Dengan begitu Anda mendapat dua kebaikan, yang pertama Anda berhasil mengurangi pengangguran yang keduanya Anda bisa menabung amal jariyah nanti lewat bisnis Anda. :)

Apapun kondisi Anda sekarang, jangan pernah berputus asa. Karena putus asa sama halnya kita tidak percaya pada Keajaiban Allah. Selama kita berihktiar dan bertawakal, apapun yang diberikanNYA adalah yang terbaik untuk Anda. Karena kerja itu selain ibadah tentunya untuk mendapatkan 3 hal, yaitu network, ilmu, dan pengalaman. 




No comments