Header Ads

ad

Siap Menang, Terima Kalah



Setiap manusia menginginkan kehidupan yang layak dan lebih baik, baik dari segi ilmu maupun materi. Itulah yang membuatnya selalu berkompetisi di arena kehidupan. Ya. Hidup itu penuh kompetisi, jika kita tidak bersiap, suka atau tidak kita pasti tersingkir dari persaingan. Dalam sebuah kompetisi, bukan semata soal menang dan kalah. Jauh yang lebih penting dari itu adalah kita memiliki kemauan untuk berubah dan terus berproses mencapai titik kesuksesan. Menang atau kalah adalah hasil dari apa yang telah kita lakukan. Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tetapi untuk mecoba. Soal hasil, biarkan Allah yang Maha Mengetahui yang menentukan. Karena sejatinya kita hanyalah pelaku, bukan penentu.

Menang atau kalah adalah hal biasa dalam kompetisi, namun jauh luar biasa jika kita siap menerima kalah jika memang ternyata kalah. Terlebih jangan jadikan kebiasaan untuk menyerah saat kita mendapat kalah. Karena kalah pun tidak selamanya salah dan hina, kalau ada perjuangan yang tak kenal lelah. Memang hal tersulit adalah menerima kekalahan dan hal termudah adalah menertawakan kekalahan lawan. Bagaimanapun kompetitor atau rival memiliki peranan bsar bagi diri kita. Tanpanya kita tidak akan mungkin mengupgrade expertise kita. Tanpa adanya rival bisa jadi kita hanya ongkang-ongkang kaki, berusaha seenaknya, minim inovasi, dan yang pasti dekat dengan kekalahan.

So, bersiaplah dengan kompetisi dan terbiasalah berkompetisi. Karena hidup adalah kompetisi so, harus siap menang dan terima kalah :)

No comments