Header Ads

ad

Manusia Komplain



Setiap manusia pasti menginginkan kenyamanan dalam hidupnya. Baik kenyamanan dalam segi perasaan hingga finansial. Karena masing-masing dari kita pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik, baik dari segi ilmu maupun materi. Tapi bukankah apa yang sedang kita miliki dan nikmati saat ini adalah sesuatu yang belum bahkan tidak dimiliki orang lain? Hal itulah yang harus kita syukuri karena masing-masing dari kita itu sudah memiliki kehidupan yang lebih baik dari masing-masingnya. Tugas kita bukanlah untuk mempersoalkannya, membanding-bandingkannya, mengumpat karenanya, bahkan melupakan rasa syukur itu sendiri.

Komplain, adalah hal yang sering dialami kita terlebih disaat kita mendapat ketidakpuasaan. Memang terkesan mudah dan memudahkan untuk urusan yang satu ini. Sedikit saja ada ketidakpuasan yang diterima, dengan mudah kita komplain hingga menyalahkan hal yang tidak Ada kaitannya dengan kita. Saat cuaca hujan, dengan mudahnya kita komplain dengan bermacam dalih dan alasan. Saat cuaca panas pun sama. Jika saat diberi panas komplain dan diberi hujan juga komplain, lantas maunya apa? Bukankah cuaca panas bisa membantu lebih cepat prose's turunnya hujan? Bukankah jika hujan turun bisa menghapus butiran debu, membawa kesejukkan dan manfaat Bagi bumi? 

Mulai sekarang berhentilah jadi manusia komplain. Mari belajar pada hujan. Ia turun ke bumi membawa manfaat bagi bumi. Bahkan bisa memberi kesuburan nagi bumi. Kita pun harus seperti air hujan itu, mau turun mengalir memberi manfaat bagi lingkungannya. Percayalah, sesering apapun kita komplain pada keadaan dan rasa ketidakpuasan, tidak akan mengubah keadaan. Justru malah menambah sesak persoalan kita. So, mari kita memberikan manfaat seluas-luasnya bagi lingkungan kita. Karena semakin tinggi pencapaian kita, semakin banyak pula manfaat yang harus diberikan. :)

No comments