Sebentar lagi dalam beberapa bulan ke depan, akan menjadi momen yang mengharukan atau bahkan menyenagkan bagi mereka yang akan wisuda. Bag...

Ijazah Tak Perlu Kuliah



Sebentar lagi dalam beberapa bulan ke depan, akan menjadi momen yang mengharukan atau bahkan menyenagkan bagi mereka yang akan wisuda. Bagaimana tidak, penanti lulus yang  ditunggu-tunggu kini sudah dalam genggaman. Pertanyaannya adalah jika ditanya, untuk apa sih kita kuliah? Kenapa sih kita harus melanjutkan kuliah? Mampukah kita menjawabnya? Dari jawaban yang saya dapatkan, hampir semuanya menjawab serentak jika kuliah itu untuk mendapatkan gelar dan ijazah supaya bisa bekerja dan diterima diberbagai perusahaan. Anda setuju? Silahkan protes pada mereka jika tidak setuju Hehe

Jawaban yang dilontarkan mereka sah saja kalau memang tujuan mereka kuliah hanya untuk mencari ijazah dan gelar. Namun bagi saya sangat disayangkan, waktu 4 tahun yang dihabiskan dibangku kuliah hanya untuk mengejar ijazah dan gelar semata. Karena hal itu hanya membuang-buang uang dan waktu kita saja. Kalau memang kita ingin gelar dan ijazah, tak perlu kuliah lama-lama. Sekarang banyak calo-calo yang menawarkan jasa cetak ijazah dan gelar dalam waktu singkat. Terlebih lagi ada beberapa teman yang saya temui, kebetulan mereka telah bekerja sambil kuliah. Dari kebanyakan yang saya temui, mereka lebih banyak yang ingin cepet-cepet lulus dan dapat ijazah supaya bisa penyetaraan gaji dan pangkat kerja. Cepet lulus itu harus, tapi bukan berarti masuk kampus hanya untuk memenuhi bangku kuliah saja. Justru tantangan sebenarnya adalah ketika kita telah lulus nanti.

Saat kita telah lulus nanti, pembuktian akan dimulai. Bayangkan jika kita mendapat nilai bagus, ijazah yang wah, gelar bergengsi, dan lulusan kampus favorit, tapi nyatanya kalah bersaing dengan lulusan dari kampus yang tidak favorit yang nilainya juga jauh dibawah kita. Atau bayangkan saat perusahaan yang kita cari, menguji kita kapabilitas kita. Mampukah kita mempertanggungjawabkan apa yang telah didapat selama kuliah?

Kuliah itu tidak hanya kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang), main, dll. Ingat, waktu tidak akan pernah kembali. Manfaatkan masa kuliah untuk membangun integritas, menjalin relasi, bahkan merintis bisnis. Jika hanya sekedar cari gelar dan ijazah, koruptor pun banyak gelarnya. Banyak juga ijazahnya bahkan rata-rata lulusan dari luar negeri dan kampus favorit. Tapi sayang, hidup mereka hina. Mereka hina karena kapabilitasnya diragukan. Dan mereka tidak mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah diperolehnya selama mengikut masa perkuliahan. So, jangan pernah berpikiran kuliah itu hanya untuk mencari gelar demi mendapatkan pekerjaan dan diterima diperusahaan besar. Ingatlah, hidup itu butuh perjuangan. Dan segala hal yang didapat secara instan, tidak akan pernah bertahan lama :)

0 komentar: