Setelah gembar-gembor tentang pemberitaan efek global warming diberbagai media, kini kita telah merasakan dampak dari apa yang telah...

7 Langkah Green Lifestyle di Kantor



Setelah gembar-gembor tentang pemberitaan efek global warming diberbagai media, kini kita telah merasakan dampak dari apa yang telah diberitakan jauh-jauh hari sebelumnya. Cuaca yang tak menentu, hingga terik matahari di siang hari membuat kita malas untuk aktivitas di luar ruangan. Salah satu solusi untuk mengatasi atau mengurangi efek global warming adalah dengan melakukan penghijauan. Namun bukannya melakukan penghijauan, negeri kita yang kaya dengan hasil hutan justru malah sulit melakukannya. Penerapan penghijauan pun tidak selamanya dilakukan di luar ruangan atau tempat terbuka dengan menanam jutaan pohon. Tapi bisa dilakukan di dalam ruangan, termasuk kantor. Bagaimana caranya? Dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dikantor. Dan berikut 7 Langkah Green Lifestyle di Kantor

1.  Gunakan barang yang bisa dipakai berkali-kali. Dan usahakan buat tempat sampah yang dikategorikan sehingga para karyawan bisa membuang sampah yang bisa didaur ulang ke tempatnya, begitupun yang tidak bisa didaur ulang.

2. Penghematan kertas. Printer adalah alat terpopuler di lingkungan kantor sekaligus menjadi penyumbang sampah kantor terbanyak. Gunakan kertas bekas untuk foto copy. Dan gunakan juga potongan-potongan kertas bekas untuk pengganti memo ataupun notes. Kirim dokumen via email (soft copy) jika memungkinkan. Karena jika bisa dikirim email, ngapain harus dicetak banyak.

3. Gunakan proyektor. Daripada print banyak lembaran untuk dibagikan kepada rekan kerja saat presentasi, lebih baik gunakan slide persentasi menggunakan proyektor. Selain menghemat kertas, hal ini juga bisa menambah nilai interaktif. :)

4. Sebisa mungkin gunakan produk ramah lingkungan yang hemat energi. Misal, gunakan menggunakan pensil untuk menulis dokumen yang tidak begitu penting. Menggunakan lampu hemat energi semacam LED, dll.

5. Hemat penggunaan listrik. Matikan komputer saat tidak digunakan lagi. Matikan lampu saat tidak dipakai, hal ini bisa disiasati dengan pemanfaatan sinar matahari sebagai penerang ruangan melalui jendela.

6. Bike to work. Ini kalau memungkinkan. Karena trasnportasi umum di kita belum merata, benar-benar aman dan nyaman, jadi jangan heran jika lebih banyak orang-orangnya menggunakan kendaraan pribadi.

7. Edukasi rekan-rekan kerja untuk bergaya hidup ramah lingkungan. Make itu fun and your style ;)

Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas cewek, tas kantor yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    BalasHapus