"Buatlah rencana hidupmu sendiri. Atau seumur hidup Anda akan menjadi bagian dari rencana orang". Sebuah kalimat yang sanga...

Buat Rencana Hidup Atau jadi Bagian Rencana Orang



"Buatlah rencana hidupmu sendiri. Atau seumur hidup Anda akan menjadi bagian dari rencana orang". Sebuah kalimat yang sangat-sangat menampar. Kalimat tersebut saya dapatkan dari kang @ranggumara, owner lele lela. Bagaimana tidak, seseorang yang dalam hidupnya tidak memiliki rencana hidupnya sendiri, mau tidak mau, suka tidak suka, sudi tidak sudi, pasti akan menjadi bagian dari rencana orang lain. Ya. Hidup adalah pilihan. Mau jadi pionir atau follower, itu pilihan Anda. Manusia hanya bisa berencana, tapi Allah yang menentukan.

Memang benar, tidak semua rencana kita bisa terwujud. Tapi setidaknya kita telah berusaha untuk mewujudkannya. Karena yang dinilai olehNYA bukanlah hasil semata, tapi proses dari apa yang kita perbuat. Orang yang memiliki rencana saja bisa gagal, apalagi yang hidupnya tidak memiliki rencana. Menjalani hidup dengan berpedoman pada prinsip let it flow , sama halnya menyerahkan idupnya pada rencana orang. Orang yang senang dan sering berkata "let it flow" sesungguhnya adalah mereka-mereka yang sedang kebingungan dan tidak tahu mau kemana arah hidupnya. Boleh jadi saat ini kita masih bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Tapi pastikan kita sudah tahu pasti mau kemana arah hidup kita. Caranya? Buat rencana hidupmu. Kalau kata kek @jamilazzaini buatlah proposal hidupmu. Jika acara yang hanya berlangsung hitungan jam saja, kita butuh proposal untuk melaksanakannya. Lantas bagaimana dengan hidup kita yang berpuluh-puluh tahun? Sungguh sangat rugi, jika hidup kita lama tapi tak terencana. Lebih baik singkat tapi cemerlang, daripada lama tapi redup.

Jangan sampai kita ikut-ikutan kesana kemari tanpa memiliki ilmu dan rencana. Karena kalau sampai itu terjadi, kita tidak ada bedanya dengan butiran debu dan buih dilautan. Banyak adik-adik kita yang hidupnya masih belum memiliki rencana. Hidupnya masih tertiup angin. Kemana angin berhembus, kesanalah dia menuju. So, buatlah rencana hidupmu sendiri, now or never!

0 komentar: