Tidak ada sebuah pekerjaan yang tidak mengandung resiko. Mungkin dari sebagian kita pernah mengalami tekanan baik dalam pekerjaan mau...

We Need Push Not Presh



Tidak ada sebuah pekerjaan yang tidak mengandung resiko. Mungkin dari sebagian kita pernah mengalami tekanan baik dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan. Tekanan tersebut bisa berupa deadline, paksaan dari pihak lain, ancaman, hingga masalah yang tiada henti. Pertanyaannya adalah, bisakah kita bekerja secara maksimal jika kita mendapat tekanan tersebut? Ada yang bisa ada yang tidak. Mereka yang bisa bekerja maksimal dibawah tekanan adalah mereka yang sudah terlatih dalam menghadapi masalah. Dan mereka yang tidak bisa bekerja dibawah tekanan adalah mereka yang belum terbiasa bisa merespon baik masalahnya. Semua orang memiliki masalah yang sama, hanya saja respon dalam menghadapinya yang berbeda. 

Bisa diibaratkan kita itu seperti biji kopi dan tekanan atau masalah yang kita miliki adalah air panas. Biji kopi semakin diseduh dengan air panas, semakin terasa aromanya. Begitupun kita, semakin kita diuji dengan masalah semakin kuat mental kita selama kita mampu mengatasinya. Namun, tekanan yang berlebihan bisa membuat kita merasa minder, tidak kreatif, menjadi penakut, dan introvert. Tidak semua tekanan itu bagus, meskipun terkadang kemampuan terbaik manusia muncul disaat dirinya tertekan atau kepepet.

Kita lihat layang-layang. Yang membuatnya terbang adalah adanya dorongan angin. Bukan karena tekanan angin.  Dan ketika kita melihat balon, kira-kira apa yang membuatnya bisa mengembung? Ya, karena ada tekanan angin. Bisa dibayangkan jika balon tersebut diberi tekanan angin yang berlebih? Sudah pasti balon tersebut akan meletus karena tidak mampu lagi menampung isinya.

Seperti itulah kita, saat kita sudah tidak bisa menampung bentuk permasalahan bisa jadi emosi kita akan meletup-letup.  Ada yang melampiaskannya dengan kemarahan ada juga yang melampiaskannya dengan keramahan. Tinggal bagaimana sekarang kita pintar mengatasi masalah. Orang bijak bilang, orang beruntung adalah orang yang tidak memiliki masalah. Tetapi orang yang lebih beruntung adalah mereka yang berhasil menyelesaikan masalahnya. 

0 komentar: