Header Ads

ad

Pengalaman Datang Dari Pengamalan





Tidak semua yang kita lakukan membutuhkan pengalaman. Lho, bukannya semuanya butuh pengalaman? Bagaimana jadinya jika kita melakukan seseuatu tetapi kita belum memiliki pengalaman dibidangnya? :) Memang benar, tapi tidak semuanya tepat. 

Saya kasih contoh begini, semua orang percaya bahwa untuk memulai bisnis itu diperlukan modal (uang). Memang benar kita membutuhkan modal, tetapi modal tersebut tidak hanya berupa uang saja. Yang kita butuhkan pertama kali saat mau merintis bisnis adalah ide. Ide yang dijalankanlah yang akan menghasilkan uang.

Sebagai contoh. Jika kalian saya kasih uang 1 Milyar, sudah jaminankah kalian menjadi pebisnis sukses? Sudah pastikah kalian sukses dalam berbisnis?

Setiap orang memiliki peluang sukses yang sama, hanya saja usaha dari masing-masingnyalah yang mmbuat hasil akhirnya berbeda. Perhatikan disekeliling kita, ada orang yang sekolahnya sama, di kelas yang sama, tinggalnya di komplek yang sama, nilai ujiannya sama dengan kita, jurusan kuliahnya sama, lahir di tanggal/bulan/tahun yang sama dengan kita, tapi kenapa hasil akhir yang didapatnya berbeda dengan kita? Jawabannya bukan karena wajahnya yang beda. Tapi karena usahanya yang berbeda. Yang satu sungguh-sungguh, yang satunya lagi mudah menyerah.

Pertanyaan dari saya, apakah untuk memulai sesuatu kita harus memiliki pengalaman? Jika ya, bagaimana dengan menikah? Apakah kita harus memiliki pengalaman menikah dulu sebelum benar-benar menikah? Bagaimana dengan sekolah? Apakah saat kita masuh TK, kita harus memiliki pengalaman bersekolah terlebih dahulu? Jika kita harus menunggu pengalaman dulu, kapan kita memulainya? 

Dan ternyata, untuk memulai sesuatu tidak diperlukan pengalaman. Tetapi diperlukan keberanian untuk memulai, mulai melangkah dan berkemauan keras untuk mau terus belajar sehingga kita benar-benar menjadi ahli di bidangnya yang berpengalaman. 

So, Jangan mencari alasan untuk memulai karena kita belum memiliki pengalaman. Karena jika kita berbicara seperti itu, sampai kapan pun kita tidak akan memiliki pengalaman. Pengalaman lahir saat kita memulainya. Tanpa pernah memulai, kita tidak akan pernah berpengalaman :)

No comments