Header Ads

ad

Jauh-jauh Dari Mengeluh



Jauh-jauhlah dari rasa mengeluh, karena mengeluh menjauhkan rezeki.
Begitu banyak nikmat yang diberikan Allah hingga kita tidak mampu untuk menghitungnya. Dan ada berjuta alasan untuk kita mensyukuri nikmat tersebut. Namun tidak semua dari kita mampu mensyukuri setiap nikmat yang diperolehnya. Ada yang merasa kurang dengan nikmatnya, ada yang merasa tidak puas, hingga melupakannya.

Manusia tidak pernah merasa puas selama mereka mengikuti hawa nafsunya. Salah satu cara untuk kita merasa puas adalah dengan bersyukur. So, nikmat yang kita dustakan dariNYA?

Berbicara soal mengeluh, apa yang kalian pikirkan dan bayangkan? Apa reaksi dan komentar kalian ketika ada teman atau sahabat diantar kalian yang sering mengeluh dan memposting keluhannya di sosial media? Risih? Malesin? Tidak simpatik? atau bahkan EGP? Mengeluh bisa menular lho. So, hati-hati jika ada teman kalian yang sering mengeluh, saran saya nasehatilah atau tinggalkanlah.

Mengeluh bisa menjauhkan rezeki. Tidak percaya? Begini, bagaimana ketika kalian bekerja mengeluhkan gaji kalian yang kecil? Padahal diluar sana masih banyak teman-teman kita yang belum mendapatkan pekerjaan. Dan apakah kalian akan bersemangat bekerja saat kalian mengeluhkan gaji kecil? Jika tidak pandai bersyukur pasti tidak semangat. Ketika kerja kalian tidak bersemangat, apakah hasil kerjanya akan memuaskan? Tentu tidak. Ketika hasil kerja kalian tidak memuaskan apakah gaji kalian dan posisi kalian akan naik? Nah, terbukti kan mengeluh bisa menjauhkan kita dari rezeki. Betul apa Benar? :D Semakin kalian mengeluh, kalian akan semakin SENGSARA. Dan ketika kalian sengsara, EGP. Hehehe 

Rezeki memang sudah diatur. Tetapi yang menentukan besar kecilnya bukanlah nominalnya, tetapi pada rasa syukur kita terhadapnya. Besar kecil nominalnya bergantung pada usaha kita. Kalau sekarang kita masih mendapat gaji yang kecil, berarti kita kemampuannya memang segitu. Dan ketika kemampuan kita meningkat, otomatis gaji yang didapat pun meningkat selama kita pandai bersyukur. Apa sih dan yang bagaimana sih pandai bersyukur itu? Jawabannya selalu bersyukur saat mendapat kemudahan, dan tetap bersyukur saat mendapat kesulitan. #Jleb

Sekarang sudah tahu kan efek dari mengeluh? So, masih mau banyak mengeluh? :)


No comments