Header Ads

ad

Buat Misteri Menjadi Berseri



Hidup itu misteri, hanya kematian yang pasti.
Semua orang tahu kalau hidup itu misteri. Tapi tidak semuanya bisa dan mampu menjalaninya dengan rasa syukur. Saat semuanya dirasa sulit, keluh, marah, hingga melupakan nikmat dariNYA pun mereka lakukan dengan sadar ataupun tidak sadar. Bahkan ada beberapa diantaranya yang bertanya-tanya, "Kenapa hidup itu misteri?" dan "Kenapa masa depan itu dirahasiakan?" Padahal hidup kita sudah diatur olehNYA. Bukannya hidup kita sudah diatur olehNYA?

Anda tahu jawabannya?
Hidup kita memang sudah diatur, tetapi bukan berarti kita berdiam diri dalam kemalasan. Saat kita bodoh, kita memiliki 2 kesalahan. Kesalahan pertama adalah karena kita tidak mencari tahu (ilmu) dan kesalahan kedua adalah karena kebodohan yang kita miliki dan dipelihara. Manusia itu paling senang dengan iming-iming dan takut pada ancaman. Kita butuh iming-iming agar kita semangat dalam mengejar impian dan kita butuh ancaman agar kita tidak terlena oleh kemalasan. Karena bagaimanapun orang bodoh berawal dari rasa malas. Dan orang malas sama halnya dengan orang mati.

Disini siapa yang sudah menonton film "The Avengers 2?" Bagaimana dengan The Avenger pertama? :D Mungkin beberapa dari kita sudah pernah menonton The Avenger yang pertama. Saat film tersebut pertama kali tayang, perasaan kita pasti penasaran dengan film tersebut, menunggu kapan tayangnya, ingin segera menontonnya, dan lain sebagainya. Pertanyaannya adalah, apakah rasa penasaran itu akan muncul saat Anda menonton film tersebut untuk yang kedua kalinya, ketiga kalinya, atau bahkan ke sepeuluh kalinya? :) Tentu tidak, karena kita sudah tahu alur ceritanya dan endingnya seperti apa sehingga kita sudah tidak penasaran lagi dengan alur ceritanya. Seperti itulah hidup. Jika masa depan kita tidak dirahasiakan, pasti kita akan jenuh dan kurang antusias dalam menyambutnya. Bayangkan, jika kita sudah mengetahui masa depan kita sejak jauh-jauh hari, kita pasti akan malas untuk berusaha karena sudah tahu apa yang akan kita dapatkan. 

Hidup itu misteri dan masa depan itu dirahasiakan agar kita sungguh-sungguh dalam menjalaninya dan supaya kita penasaran. Tanpa ada rasa penasaran hidup akan terasa tidak hidup. Dan rasa penasaran itulah yang membuat kita terpacu untuk mencari tahu apa yang belum diketahui oleh kita. Ingat! Saat surga dan neraka diciptakan pun tidak tertulis nama-nama yang akan masuk ke surga atau neraka. Yang ditulis hanya kategorinya saja. Kalau sejak penciptaan surga dan neraka sudah ditentukan nama-nama orang yang akan memasukinya, untuk apa lagi kita hidup? 

So, hidup itu misteri. Kita tidak akan tahu apa yang terjadi di detik berikutnya. Lakukanlah yang terbaik. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan impian itu datang. Kita pun tidak akan pernah bisa menebak dan memastikan impian kita akan menjadi kenyataan. Yang kita bisa hanya mengupayakannya. So, jika ada orang yang mengaku-ngaku bisa meramalkan masa depan dan mengetahui masa depan Anda, itu sama halnya dia mensejajarkan dirinya dengan Tuhan. Masa depan itu misteri, tapi bisa kita persiapkan. Sebab 2 hari dari sekarang akan menjadi kemarin. Maka dari itu jika ingin mempersiapkan hidup kita, persiapkanlah dari sekarang tanpa harus menunggu hari esok. :)









No comments