Header Ads

ad

5 Cara Mudah Move ON Dari Kegagalan



Kegagalan seringkali membuat kita trauma dan takut untuk melakukan hal-hal berikutnya. Padahal kegagalan itu sendiri hadir untuk memberikan ujian supaya kita mendapat keberhasilan. Bagaimana mungkin kita dikatakan BERHASIL jika kita TIDAK mampu melewati KEGAGALAN. Benar apa betul? :)

Saat kita mendapatkan berkali-kali kegagalan, bukan soal jumlah kegagalan itu yang harus kita hitung. Tapi jumlah berapa kali kita bangkit yang paling penting kita hitung. So, buatlah perhitungan dari kegagalan itu sendiri. Caranya:

1. Bersyukur
Bagaimanapun juga, hari ini kita adalah orang yang beruntung. Apapun yang terjadi pada kita hari ini, kita tetap orang beruntung. Karena DIA Maha Mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Banyak orang mengumpat saat mendapatkan kegagalan, padahal itulah cara Allah menunjukkan kalau kita hanyalah pelaku BUKAN penentu.

2. Bercermin
Saat kita mengalami kegagalan, coba renungkan dan bercerminlah pada diri kita. Sudah benarkah niatan kita? Sudah benarkah cara yang kita lakukan? Sudah sebandingkah hasil yang diinginkan dengan yang dilakukan? Sudah pantaskah kita mendapatkannya disaat kita sering melupakan DIA?
Seringkali kita menyalahkan keadaan karena kita malas untuk bercermin. Padahal keadaan tidak mungkin berbuat salah, justru perasaan dan pikiran kita yang salahlah yang membuatnya menjadi gelap.

3. Belajar
Jadikan setiap kegagalan sebagai pelajaran. Untuk belajar dari kegagalan itu sendiri, kita bisa belajar dari kegagalan orang ataupun kegagalan sendiri. Karena untuk merasakan terjatuh, kita tidak selalu harus terjatuh terlebih dahulu. So, jadilah pembelajar yang mau belajar dari kegagalan. 

4. Berpikir
Berpikir positif bisa membuat hati tenang. Tidak percaya? Buktikan sendiri. Berpikirlah jika kita bersungguh-sungguh, kita pasti mampu mendapatkan yang kita mau. Karena Allah sesuai dengan prasangka hambaNYA. Tanpa berpikir positif kita tidak akan mampu berpikir luas dan tenang. So, saat mendapatkan kegagalan berpikirlah positif. Siapa tahu ada rezeki yang lebih baik dari yang kita inginkan sebelumnya. Karena sesungguhnya rezeki itu misteri dan selalu datang dari arah yang tak disangka-sangka.

5. Bergaul
Bergaulah dengan orang-orang yang berenergi dan berpikiran positif agar kita tertular energinya. Salah bergaul bisa merusak motivasi kita. So, pastikan lingkungan kita adalah lingkungan 4-TIF (POSITIF, PRODUKTIF, INOVATIF, KREATIF) :)

Jika cara ini masih belum mampu membuat kalian MOVE ON dari kegagalan, bisa jadi kalian belum bisa menemukan arti kegagalan. Karena seseungguhnya kegagalan itu adalah modal kita untuk berhasil. Salam Move ON :)

No comments