Apa Sukses Itu? Sukses itu............................................. Silahkan isi sendiri definisninya :D Menurut teman ...

Sukses Itu Berhasil



Apa Sukses Itu?

Sukses itu.............................................
Silahkan isi sendiri definisninya :D

Menurut teman saya, sukses itu TERGANTUNG. Tergantung dari sudut mana kita menilai dan melihatnya. Anda boleh setuju boleh tidak dengan definisi tersebut. Kalau sukses itu tergantung, lalu apa satu kata yang bisa mendeskripsikan sukses tersebut? Jawabannya ya TERGANTUNG. Sebuah jawaban yang retoris bukan?

Sukses itu ketika kita berhasil move on. Tetapi tidak semua yang sukses itu berhasil, begitupun sebaliknya. Definisi ini sungguh-sungguh membingungkan menurut saya. Why? Sebab contoh realnya tidak ada. Jika tidak semua orang sukses itu berhasil, lalu mereka-mereka yang menjadi juara pertama dalam sebuah kompetisi apakah bisa disebut berhasil dan sukses?

Adalagi yang menjawab sukses itu ketika kita sudah memiliki mobil mewah, rumah megah, istri soleha, dan tabungan yang serba wah. Itu menurut mereka yang silau harta, tahta, wanita. :D

Simplenya menurut saya, sukses itu adalah BERHASIL. Berhasil melakukan hal yang sebelumnya belum berhasil atau belum bisa kita lakukan. Meskipun keberhasilan dari yang kita lakukan itu hanya 0,009 %. Contohnya: seorang pelari 100 meter, dihari pertama dia menempuh jarak tersebut dengan waktu 10 detik. Kemudian dihari kedua, dengan jarak tempuh yang sama dia mampu mencatat waktu 9 detik. Apakah hal tersebut bisa dikatakan sukses dan berhasil? TENTU! Karena dia telah mampu memangkas waktu tempuh dengan jarak tempuh yang sama walaupun hanya 1 detik.

Saat kita mampu bersyukur dalam berbagai kondisi pun sudah termasuk sukses. Mampu mengontrol emosi pun sudah termasuk sukses. Selama kita berhasil melakukan pencapaian yang sebelumnya belum tercapai, itulah yang dinamakan SUKSES.

Sukses tidak harus dilihat dari materi. Jika kita melihat dari sudut materi, sama halnya kita telah diperbudak harta. 

Sukses pun bukan soal posisi. Tapi soal INSPIRASI. Bagaimana caranya kita bisa menjadi dan memberi inspirasi bagi orang lain. Karena orang sukses, pasti memberi banyak manfaat bagi orang lain. BUKAN memanfaatkan banyak orang. Semoga terinspirasi. :)

0 komentar: