Siapa yang tidak pernah mengalami masalah dalam hidupnya? Hanya orang mati yang tidak mengalaminya. Masalah ada untuk menguji kita. ...

Satu Masalah Beragam Respon




Siapa yang tidak pernah mengalami masalah dalam hidupnya? Hanya orang mati yang tidak mengalaminya. Masalah ada untuk menguji kita. Menguji kesabaran dan seberapa besar usaha kita dalam mengatasinya. Dan besar kecilnya masalah muncul karena ketidaksiapan kita dalam menghadapinya. Terkadang masalah kecil bisa terasa besar hanya karena kita salah meresponnya, begitupun sebaliknya. 

Masing-masing dari kita tentunya berbeda karakter. Beda karakter beda pula cara merespon masalahnya. Padahal masalah yang sedang dialami kita saat ini, sedang dialami juga oleh orang lain. Yang membedakannya bukan soal besar-kecilnya masalah, melainkan dari respon kita dalam menghadapinya. Ada yang meresponnya dengan santai dan tenang, cemas dan panik, hingga binggung tidak karuan. Apapun masalahnya, pastikan kita meresponnya dengan baik. Karena cara kita merespon masalah adalah tujuan kita dalam menghadapi masalah.

Contoh untuk mendapatkan angka 10 kita bisa menggunakan berbagai cara, dan cara tersebut sama halnya dengan cara kita merespon masalah.
10 bisa saja didapat dari:
9+1, 11-1, 5x2, 20/2, 15-5, 100/10, 5+5, dll.

Intinya hasilnya sama 10, tapi cara mendapatkannya yang berbeda. Kita ibaratkan 10 tersebut adalah masalah yang kita hadapi, sementara fungsi aritmatikanya adalah respon kita pada masalah. Masalahnya sama, tapi responnya berbeda-beda. Pastikan respon yang kita pilih adalah yang terbaik. Karena cara kita merespon masalah akan mencerminkan intelektual dan kepribadian kita. Semoga menginspirasi. 

0 komentar: