Header Ads

ad

PELUANG vs PASSION



Mungkin dari sebagian kita pernah mendengar jika kesuksesan itu hadir dari peluang. Siapa yang bisa memanfaatkan peluang, dia pasti bisa sukses. Hal itu sah saja, hanya kurang pas menurut saya. Peluang bisa hadir berulang-ulang dan bisa kita temukan disekitar kita. Jika kita hanya mengandalkan pada peluang yang ada, apa mungkin kita bisa bertahan lama dengan apa yang kita lakukan? Jika sukses bisa didapat dari memanfaatkan peluang, kita tanya pada mereka yang telah sukses.

Kita semua tahu Christiano Ronaldo, Messi, David Beckham adalah pesepakbola profesional yang sukses dibidangnya. Michael Jordan sukses jadi pebasket handal. Tiger Wood pun sukses menjadi atlet terkaya dengan golf sebagai bidangnya. Dari sekian atlet yang sukses kita ambil salah satunya, Messi. Tahukah kita apa yang membuat dia sukses dikenal sebagai pesepakbola profesional ternama diseluruh dunia? Apakah dia sukses karena mampu memanfaatkan PELUANG? Jika bicara soal peluang, peluang selalu ada disekitar kita. COba tanyakan pada Messi, apa yang membuatnya sukses seperti sekarang? Jawabannya tentu karena sepakbola adalah PASSIONnya. Michael Jordan pun bilang "I love this game". Artinya dia menyunangi dan mencintai apa yang dilakukannya. Kalau memang dia sukses karena memanfaatkan peluang, lalu kenapa dia tidak memilih cabang olahraga tinju, memanah, renang, dll? Bukankah cabang olahraga lain juga merupakan peluang? Bukankah Messi bisa sukses jika memilih cabang olahraga tinju? Lalu kenapa dia harus memilih sepakbola? Apakah benar karena melihat PELUANG? Atau memang karena hasrat dan kecintaannya pada sepakbola (PASSION)?

Jika kita melakukan sesuatu karena peluang, maka bisa dipastikan hanya akan bertahan singkat. Tapi jika kita melakukannya dengan PASSION, maka apa yang dilakukan pun akan bertahan lama bahkan seumur hidup.

Saat kita mendapat 1 Milyar pun kita belum bisa dikatakan sukses jika kita belum bisa menemukan apa PASSION kita. Karena sudah terbukti, mereka-mereka yang sukses adalah yang fokus pada PASSIONnya dan terus mengasah PASSIOnnya. Jika kita enjoy melakukan sesuatu meskipun bayarannya sedikit, bisa jadi itu passion kita. Tapi jika gaji kita ratusan juta sekalipun, tetapi kita tidak enjoy melakukan pekerjaannya, maka bisa dipastikan itu bukan passion kita. Temukan passionmu sekarang! Mau berbicara dengan saya follow @fazarfirmansyah 

Semoga menginspirasi

2 comments:

  1. Tidak semua orang tau dengan cepat apa 'passion'nya. Lalu arah mana yang harus dia pilih? Peluang bisa menjadi jalan orang untuk menemukan passion.

    ReplyDelete