Header Ads

ad

hidup Itu Bergantian



Siapa yang masih memiliki orangtua lengkap? 
Siapa yang kedua orangtuanya masih hidup?
Siapa yang kedua orangtuanya sama-sama mencari nafkah?
Dan siapa yang kehidupannya serba berkecukupan?
Silahkan jawab sendiri.

Hidup itu pasti silih berganti. Siang berganti malam, detik berganti menit, panas berganti hujan, miskin berganti kaya, dan hidup berganti mati. Dan semuanya itu pasti. Bagi kita yang masih memiliki orangtua lengkap dan hidup dengan berkecukupan, tentu kita harus bersyukur karena tidak semua orang memiliki kondisi yang sama seperti kita.

Hidup berkecukupan jangan dijadikan alasan untuk kita malas bekerja. Mungkin saja hari ini kita masih bisa dibantu oleh orangtua kita saat kita mendapat masalah. Entah bantuan itu melalui materi, waktu, maupun tenaga. Tapi besok, siapa yang tahu mereka masih bisa melihat kita seperti sekarang atau tidak. Bayangkanlah seolah-olah kita adalah anak pertama mereka, kemudian kita ditinggalkan untuk selama-lamanya oleh mereka, apakah kita sudah siap? Siap mengantikan peran mereka dan meneruskan kebaikan mereka?

Sudah siapkah kita meneruskan peran mereka, ketika mereka tiada? Kalau kita terbiasa malas-malasan tentunya akan sulit untuk kita beradaptasi. Mungkin selama  ini kita bergantung pada mereka dan mereka selalu ada disaat kita butuh. Namun kita pun tidak selamanya bisa bergantung pada mereka, karena ketika kita dewasa nanti kitalah yang harus mengurusi kebutuhan mereka. Kitalah yang harus ada setiap saat untuk mereka.

Mulai sekarang, lihatlah mereka ketika mereka tidur dalam lelapnya. Dan bayangkan tidur itu adalah tidur mereka selama-lamanya. Sudahkah kita siap ditinggalkannya? Sudah mampukah kita menggantikan perannya? 

No comments