Header Ads

ad

Fokus Itu Harus



Apa yang membuat orang-orang spesial begitu ahli dan lihai di bidangnya? Seperti halnya Christiano ROnaldo dan Lionel Messi misalnya, mereka ahli di bidangnya (sepak bola). Tapi apakah mereka ahli di bidang yang lain, misalnya basket, catur, bermusik, atau olahraga lain? Tentu tidak. Mereka bisa seperti itu karena mereka telah memiliki dan memilih PASSIONnya. Selain itu karena mereka FOKUS pada PASIIONnya. Messi bisa saja bermain basket, tetapi tentu tidak bisa bermain hebat layaknya di lapangan hijau. Ronaldo pun mungkin bisa bermain musik, tapi jika dia memilih musik sebagai passionnya mungkin sekarang dia sudah menjadi penyanyi terkenal, bukan pesepakbola terkenal. 

Mereka orang-orang spesial ahli di bidangnya karena mereka fokus menekuni passion mereka. Begitu pun kita. Jika kita fokus dan menekuni passion kita, kita pun BISA menjadi spesialis seperti mereka. Kaca pembesar saja bisa membakar secarik kertas hanya karena disinari matahari. Artinya selama kita fokus kita pasti bisa mendapatkan yang kita inginkan.

Sebagai contoh, ketika kita mengikuti lomba maraton dengan jarak tempuh yang sangat jauh, tetapi hadiah utama yang diberikan adalah sebuah Ferari keluaran terbaru, apakah kita akan mudah menyerah? Tentu tidak bukan? Karena dipikiran kita sudah ada ferari tersebut, maka kita akan berusaha sekuat tenaga agar bisa mencapai garis finish diurutan pertama. Kuncinya kita harus fokus pada tujuan kita. Bayangkan jika START sudah dimulai, kemudian baru 100 meter mata kita langsung jelalatan melihat wanita seksi yang mengikuti lomba tersebut di sebelah kita. Belum lagi di depannya ada peserta lomba yang berkostum pocong dan larinya mirip pocong. Jika kita tidak fokus, perhatian kita pasti terpusat pada dia sambil berkata "Gila.... Kok bisa dia lari seperti itu". Belum lagi didepannya lagi ada peserta yang larinya menggunakan kedua tangannya. Sekali lagi, jika kita tidak fokus pada tujuan kita, perhatian kita akan teralih pada mereka. Dan bayangkan jika perhatian kita banyak teralih dari tujuan kita, apakah kita bisa mencapai garis finish diurutan pertama dengan waktu tercepat? Tentu tidak bukan?

Fokuslah dengan apa yang kita inginkan dan pastinya fokuslah pada kelebihan yang dimiliki. Karena semakin terasah kelebihan kita, semakin tertutupi kekurangan kita. Jangan mau menjadi generalis, jadilah spesialis. Sebab dunia ini hanya mengenal mereka-mereka yang spesialis BUKAN generalis. Pilihan ada di tangan kita. Spesialis? atau Generalis? Semoga menginspirasi.

2 comments:

  1. Trima kasih, saya terinspirasi.
    Saya sedang fokus.

    #now4tomorrow
    Salam Penulis Sukses Mulia

    ReplyDelete
  2. Terimakasih telah membaca tulisan blog ini. Salam inspirasi :)

    ReplyDelete