Melakukan kesalahan dalam hidup adalah hal biasa karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Namun meskipun biasa, jangan jadikan...

Kalau Salah Tak Perlu Takut



Melakukan kesalahan dalam hidup adalah hal biasa karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Namun meskipun biasa, jangan jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan. Seteliti apapun orang, secermat apapun mereka, dan sedetail apapun penilaiannya, mereka tetap manusia yang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun disini kita bukan mempersoalkan kesalahan yang telah diperbuat ataupun dampak darinya. Yang terpenting adalah cara kita mengatasi dan meminimalisir kesalahan tersebut. 

Saat kita melakukan kesalahan, orang lain bisa saja menghardik atau mem-bully kita. But life is never flat guys. Terkadang mereka seperti itu bukan karena mereka tidak suka atau benci pada kita, tetapi karena mereka peduli pada kita dengan cara mengingatkan kita walaupun caranya menurut kita tidak etis. Bayangkan jika mereka tidak seperti itu, kita pasti datar-datar saja menjalani hidup sekalipun kita salah tapi kita acuh karena tidak ada alarm atau warning dari mereka.

Jangan takut berbuat salah selama salah tersebut tidak mengandung dosa. Ingat itu. Memangnya ada salah yang tidak mengandung dosa? Jika Anda menjawab soal ujian, kemudian jawaban Anda salah dan tidak sesuai dengan kunci jawaban apakah itu dosa? Jika Anda gagal dalam berbisnis karena Anda belum mengetahui ilmunya hingga Anda dinyatakan bangkrut, apakah itu dosa? Tidak selalu salah itu mengandung dosa. Selama salah tersebut bebas dari dosa, BE BOLD guys. Jangan batasi rasa keingintahuan kita hanya karena perasaan salah. Salah itu biasa, hanya resikonya kita tanggung sendiri. Berani berbuat harus berani bertanggungjawab. Saya Fazar Firmansyah, semoga menginspirasi. 

0 komentar: