Bertambahnya umur seharusnya menjadi momentum untuk lebih bisa memberi manfaat seluas-luasnya dan semakin bertambah ilmu yang dimilik...

Biarkan Fazar Berpijar



Bertambahnya umur seharusnya menjadi momentum untuk lebih bisa memberi manfaat seluas-luasnya dan semakin bertambah ilmu yang dimiliki. Seperti halnya sinar mentari yang cahayanya memberikan dampak dan manfaat yang begitu besar bagi alam ini. Menerangi tanpa henti dan terus berbagi manfaat, telah menjadi tugasnya sampai akhir kisah dunia. Bulan yang terang pun bukan berasalah dari cahaya dirinya sendiri. Dia hanyalah reflektor dari cahaya matahari. Dan yang membuat bulan itu indah karena sinarnya yang terang. Bisa dilihat, begitu besar dampak dan manfaat yang diberikan matahari.

Seperti itulah hidup. Kita harus bisa menjadi penerang, tapi tidak ditempat yang terang. Jangan hanya menjadi lilin, yang menerangi banyak orang tapi dirinya meleleh. Ketika dirinya habis, maka hilanglah cahaya yang dimilikinya. Minimal, jika kita menjadi lilin, tularkanlah cahayanya pada lilin-lilin yang lain agar mereka tetap bisa memberikan terangnya.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi sesamanya. Berkata baiklah atau Diam! Berkata baik tidak hanya sopan, santun, dan lemah lembut. Tetapi apa yang kita ucapkan itu mengandung manfaat atau tidak? Jika yang kita ucap tidak mengandung manfaat, lebih baik diam. Karena diam saat seperti itu ibarat emas. Diam itu emas, tetapi tahu kapan kita harus bicara atau tidak, itu berlian.

Banyak cara memberi manfaat pada orang lain. Dan hal itu tidak selalu harus dengan materi. Kita bisa memberi manfaat pada mereka dengan memberi bantuan, lewat ide, saran, tulisan, kontribusi, dan lain-lain. Besarnya manfaat yang diberikan bukan dilihat dari nominalnya, tetapi dilihat dari kemauan dan kebutuhan. Saat kita mau memberi manfaat dan orang lain butuh manfaat dari kita, maka saat itulah kita bisa bermanfaat. Sama halnya dengan sukses. Sukses bukanlah soal prestasi dan posisi semata. Tetapi sukses adalah ketika kita bisa menjadi inspirasi dan memberi manfaat seluas-luasnya bagi orang lain.

Mari memberi manfaat seperti sinar mentari. Mulai sekarang Stop Selling and Start Helping :D 


0 komentar: