Tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bambu cina? Selama 5 tahun pertama sejak bambu cina itu ditanam, p...

Bambu Cina



Tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bambu cina?
Selama 5 tahun pertama sejak bambu cina itu ditanam, pohon itu hanya akan tembur sekitar 12-20 cm. Meskipun kita sudah memberinya pupuk, menyiramnya dengan rajin, dan merawatnya dengan penuh perawatan, pohon tersebut hanya akan tumbuh setinggi 12-20 cm. Namun di tahun ke 5 kita bisa melihat, pohon bambu cina tersebut akan tumbuh hingga tingginya lebih dari 30 meter.

Kita bisa belajara dari pohon bambu cina tersebut. Jangalah kita terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa apa yang kita lakukan selama ini sia-sia, tidak berguna, dan tidak ada hasilnya seperti yang diharapkan. Tetapi lihatlah, ternyata selama 5 tahun pertama sejak pohon itu ditanam, yang terjadi justru pohon tersebut akarnya bertumbuh dengan sangat kuat. Semua nutrisi yang dibutuhkan akar yang dicurahkan selama bertahun-tahun pertama ia gunakan untuk memperkuat bagian tanaman yang tidak terlihat ini, sehingga ia mampu menopang tingginya batang yang menjulang hingga 30 meter.

Luar biasa bukan? Mungkin saat ini kita pun merasa apa yang kita tanam belum bisa kita tuai memberikan hasil yang seimbang. So, jangan cepat memvonis. Berikanlah waktu yang cukup dari apa yang sudah kita tanam. Berikan ia waktu untuk bertumbuh. Jangan mudah menyerah. Sebab tidak ada perjuangan yang sia-sia dari perbuatan baik yang telah kita lakukan. Ingat. Allah tidak pernah tidur dan Dia Maha Mendengar dan Maha Meilhat. Dia tahu apa yang telah kita lakukan dan tahu apa yang tidak kita ketahui. Yakinlah, Dia pasti memberikan yang terbaik bagi umatnya yang terbaik. :)

Dari buku: Menikah Untuk Bahagia 

0 komentar: