Dalam hidup pasti terdapat cobaan. Bukan hidup namanya jika tanpa sebuah ujian. Pada dasarnya, tidak ada yang namanya hari buruk, jel...

Perlukah Menyalahkan Mereka?



Dalam hidup pasti terdapat cobaan. Bukan hidup namanya jika tanpa sebuah ujian. Pada dasarnya, tidak ada yang namanya hari buruk, jelek, sial, dan keburukan-keburukan lainnya. Yang ada hanyalah pola pikir dan suasana hati kitalah yang membuatnya terasa buruk. Ingat! Pikiran bisa menjadi kenyataan. Jika kita berpikir kita bisa SUKSES, maka kita PASTI sukses. Begitupun sebaliknya. 

Kita pasti mengenal hukum sebab-akibat. Sesuatu tercipta dan terjadi bukan tanpa sebuah alasan. Begitupun sebab-akibat. Kita sering merasa dikhianati orang, dicurangi orang, dihina orang, dll. Tapi kita selalu menyalahkan mereka. Terkadang kita ingin mengubah hidup kita dengan mengganti pekerjaan, pasangan, teman, atau sahabat kita. Tapi kita sendiri tidak mau mengubah diri kita sendiri. Ingat! Kita itu adalah sebab (penyebab) dari apa yang akan terjadi (akibat). Nasib adalah akibat yang akan muncul ketika ada penyebab. Dan penyebabnya itu adalah kita. Paham?

Kita boleh saja dengan mudah menyalahkan orang lain ketika mereka berbuat tidak enak pada kita. Tapi apakah kita sudah benar-benar benar? Sudah bercerminkah kita? Siapa tahu mereka berkhianat pada kita, karena kita pernah berbuat serupa pada orang lain. Siapa tahu mereka berbuat curang karena kita pun pernah berbuat demikian pada orang lain. Saya punya kasus seperti ini: Ketika kita pergi ke tukang jahit untuk dibuatkan pakaian, pastinya tubuh kita diukur terlebih dahulu supaya pakaian tersebut pas dengan tubuh kita. Namun ketika dalam proses penjahitan, kita tidak mampu mengontrol berat tubuh kita. Hingga pada akhirnya, ketika pakaian tersebut jadi justru malah tidak bisa dipakai karena kekecilan. Apakah kita akan menyalahkan tukang jahitnya? Tentu tidak kan? Yang jelas-jelas salah adalah kita sendiri, yang tidak mampu mengontrol berat badan. Sementara penjahit itu sudah melakukan tugasnya dengan baik, termasuk mengukur tubuh kita dan membuatkan pakaian yang sesuai dengan tubuh kita.

Dari kasus diatas, terkadang kita mudah menyalahkan orang lian tanpa mau berkaca diri. padahal kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya justru hadir dari diri kita sendiri. Kembali lagi, ada sebab maka ada akibat. Segala sesuatu terjadi bukan tanpa sebuah alasan. Saya Fazar Firmansyah. Semoga menginspirasi :)

0 komentar: