Header Ads

ad

Mau Dulu, Baru Mampu



Untuk mendapatkan sesuatu, kita harus menukarkan sesuatu.
Jika kita mendapatkan sesuatu, kita pasti kehilangan yang lain.

Begitulah hidup. Hidup adalah pilihan. Ditangan kitalah pilihan tersebut digenggam. Orang-orang yang tidak memiliki pilihan hanyalah mereka yang sedang dilanda kebingungan dan keputusasaan. Pastikan orang-orang itu bukan kita. :) 

Berbicara soal mendapatkan sesuatu, tidak mungkin kita mendapatkannya secara cuma-cuma. Pasti kita membutuhkan perjuangan dalam mendapatkannya meskipun perjuangannya tersebut tidaklah besar. Kita katakan mendapatkan sesuatu tersebut adalah meraih mimpi. Dalam meraih mimpi bukan soal kemampuan yang utama. Tetapi kemauan dalam mengupayakannyalah yang paling penting. Percuma saja kita punya kemampuan tetapi tidak punya kemauan untuk mengupayakan mimpi tersebut. Banyak orang yang memiliki kemauan, tetapi sedikit dari mereka yang memiliki kemauan. 

Dengan kemauan kita bisa mendapatkan kemampuan. Diluar sana bisa saja bertebaran orang-orang sukses dengan kemampuan diatas kita. Kita mungkin kalah secara kemampuan dari mereka. Tetapi pastikan kita memiliki kemauan untuk menyamai bahkan melebihi pencapaian mereka. Mereka yang sukses bisa saja lebih pintar dari kita, tetapi kitalah yang paling niat untuk sukses. Sukses bukan masalah posisi, tetapi sukses adalah ketika kita bisa menjadi inspirasi dengan cara memberi banyak manfaat bagi orang lain. 

Untuk itu, dalam meraih mimpi tersebut, kita butuh kemampuan. Kemampuan bisa didapat dari pengalaman. Satu hal yang saya tegaskan, janganlah kita menjadi manusia transaksional. Apa-apanya selalu uang. Pikirannya selalu uang. Ketika melakukan sesuatu, selalu menomor satukan uang. Jika tidak menghasilkan uang, orang tersebut malas untuk melakukannya. Jika kita seperti orang tersebut, kemampuan kita tidak akan bertambah. kenapa? Karena kita fokusnya mengejar uang. Bukan mengejar kemampuan. Padahal jika kita fokus mengejar kemampuan, uang akan dengan sendirinya menghampiri kita. Bayaran mahal pun bisa kita terima jika kemampuan kita telah tinggi dan diakui secara profesional. 

So, mulai sekarang milikilah kemauan untuk meraih mimpi kita. Jangan hiraukan cibiran orang. Kita hidup bukan untuk mencari penilaian penduduk bumi, tapi mencari penilaian pencipta bumi. Setelah memiliki kemauan dan action, maka selanjutnya kita akan mendapatkan kemampuan. Dan dari kemampuan itulah kita akan dihargai dan memiliki nilai lebih dari yang lain. Semoga menginspirasi :)

No comments