Dalam hidup pasti terdapat proses. Karena tanpa proses kita menjadi tidak seperti hidup. Ujian, cobaan, dan tekanan dalam hidup bukan...

Hiduplah Seperti Santan



Dalam hidup pasti terdapat proses. Karena tanpa proses kita menjadi tidak seperti hidup. Ujian, cobaan, dan tekanan dalam hidup bukanlah untuk membuat kita menyerah dan menyalahkan takdir. Melainkan untuk membuat kita semakin kuat dan semakin bernilai tinggi. 

Seperti halnya santan. Santan berasal dari kelapa. Tahukah Anda bagaiman proses pembuatan santan? Pertama kelapa tersebut dipetik dari pohon yang begitu tinggi, setelah dipetik kemudian kelapa tersebut dijatuhkan dari ketinggian yang cukup tinggi. Tidak cukup sampai dijatuhkan, kelapa itu kemudian dibelah oleh sebilah golok yang sangat tajam. Kemudian dikupas kulitna hingga tersisa batoknya saja. Sudah cukupkah prosesnya sampai disana? Tidak. Setelah tersisa batoknya, batok tersebut pun harus dibelah. setelah terbelah daging kelapa tersebut harus dicongkel dan dikeluarkan dari cangkangnya. Lalu, daging kelapa tersebut diparut dengan parutan tajam sampai pada akhirnya diperas dan dicampur air untuk menghasilkan santan.

Untuk menghasilkan santan saja membutuhkan rangkaian proses bukan? Namun justru dari rangkaian proses tersebut bisa menghasilkan nilai jual yang tinggi dan rasa yang bermanfaat. Coba bandingkan, kelapa satu biji dengan harga santan harganya mahalan mana? Santan tentu dibutuhkan dalam memasak untuk membuat rasa masakan menjadi gurih. 

Jika hidup kita flat dan kita selalu menghindar dari tantangan, justru itu hanya akan menurunkan nilai diri kita dan membuat kita lemah tak berharga. So, masih berpikir untuk kabur dan lari menjauh dari tantangan? Ingin menjadi manusia bernilai RENDAH atau bernilai TINGGI? Pilihan tersebut ada ditangan kalian. Semoga menginspirasi.

0 komentar: