Setiap perbuatan salah hampir semuanya diawali karena ketidaktahuan. Namun ketidaktahuan itu sendiri bisa kita hilangkan jika kita ma...

Saat Salah Tak Perlu Marah



Setiap perbuatan salah hampir semuanya diawali karena ketidaktahuan. Namun ketidaktahuan itu sendiri bisa kita hilangkan jika kita mau mencari tahunya. Saat kita di posisi tidak tahu, tapi kita diam tidak mencari tahu maka selamanya kita akan berada di posisi yang salah. Salah bukan berarti hina, selama kita mencari tahu dan belajar dari kesalahan tersebut. Saat kita melakukan hal yang salah, saat itulah kita mendapatkan modal untuk beralih menjadi benar.

Setiap orang bisa melakukan hal salah karena kita manusia, bukan malaikat. Saat kita mendapat kesalahan, yang paling penting bukan menyalahkan keadaan. Tetapi belajarlah dari keadaan yang salah tersebut. Salah mungkin bisa membunuh rasa ingin tahu kita. Karena dengan kita takut salah, kita menjadi lebih berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu. Simpelnya jangan pernah takut salah dalam melakukan sesuatu, karena itu bisa membunuh kreatifitas kita. Tentunya jangan takut salah selama salah tersebut tidak mengandung dosa. 

Saat orang lain melakukan kesalahan pada kita. Apa yang kita rasakan dan pikirkan? Marah? Tentu. Tetapi itu tidak menyelesaikan masalah dan tidak mendidik orang itu menjadi lebih baik seperti yang kita harapkan. Saat mereka salah, lihatlah apakah kita sudah benar? Apakah kita belum pernah melakukan kesalahan seperti mereka? Banyak alasan yang membuat mereka melakukan kesalahan. Namun ribuan alasan itu bukan untuk kita komentari. Intinya saat orang lain melakukan kesalahan, bimbinglah dia dengan arahan yang jelas. Supaya mereka tahu apa kesalahan yang mereka perbuat dan apa dampak yang akan terjadi dari kesalahan tersebut. Karena dengan begitu kita akan sama-sama belajar dari keadaan, pengalaman maupun dari pribadi masing-masing. Marah tidak akan menyelesaikan masalah. Mungkin saja marah bisa menyelsesaikan masalah hanya dalam sesaat. Namun selanjutnya, hanya akan menyisakan kesia-siaan. :)

0 komentar: