Header Ads

ad

Lihat Masa Lalu



Bertumbuh adalah ciri dari makhluk hidup. Jika hidup kita stagnan, disitu-situ saja, tidak ada perkembangan dan pertumbuhan maka berhati-hatilah. Segera introspeksi diri dan ambil tindakan. Seseorang dikatakan sukses karena dia memiliki bobot berupa nilai (value). Semakin berat bobot (kapasitas) kita semakin tinggi value kita. Bobot disini tentunya bukan bobot tubuh tapi bobot berupa ilmu baik softskill maupun hardskill. Untuk melihat bobot diri kita, bisa kita bandingkan pencapaian kita dengan orang lain yang sepadan dengan kita.

Coba ingat-ingat bulan ramadhan tahun lalu pencapaian apa yang telah Anda capai dan belum Anda capai? Sudahkan tercapai yang belum dicapai tahun kemarin? Bandingkan dengan teman kita yang sepadan. Apakah pencapaiannya telah tercapai di tahun ini? Atau justru sebaliknya kita lebih unggul pencapaiannya daripada dia. Atau malah kita yang kalah pencapaiannya dari dia meskipun dia sepadan dengan kita, seumuran dengan kita, berpendidikan setara dengan kita, masuk kerja bareng dengan kita, hingga satu kampus yang sama dengan kita. Bayangkan, bandingkan, dan renungkan. Lalu pikirkan hal apa yang harus kita lakukan agar pencapaian yang belum terwujud tahun kemarin bisa tercapai tahun ini.

Bersamaan dengan bulan ramadhan, coba ingat-ingat apakah tahun kemarin kita mendapat THR atau malah memberi THR? Bandingkan dengan sekarang apakah masih sama dengan tahun kemarin? Masihkah mendapat THR? Atau sudah mampu memberi THR? Jika ditanya pastinya memberi lebih baik daripada menerima bukan? :) Atau lihatlah teman yang seangkatan dengan kita. Jika dia mulai kerja bareng dengan kita, lihatlah saat ini. Apakah pencapaiannya telah naik? Pencapaian itu sendiri hasil stimulus dari valensi yang kita miliki. Maka jangan heran jika ada rekan kerja kita yang baru setahun kerja tapi prestasi kerjanya sudah segudang. Bukan karena sogokan atau hasil KKN, tetapi memang karena valensi yang dimilikinya telah meningkat setiap waktunya.

Saya percaya kita semua ingin hidup bertumbuh dan saya do'akan bagi yang impiannya belum tercapai, mudah-mudahan tahun ini tercapai dan dimudahkan. Aamiin. Bagaimana caranya untuk meningkatkan valensi yang kita miliki? Pertama milikilah niat untuk move on kemudian yakinlah dengan impian kita. Setelah itu berkumpulah dengan orang-orang dan komuniotas positif. Sebab lingkungan memiliki pengaruh besar dalam perubahan hidup kita. Sekalipun kita turunan orang sukses tapi jika kita berada di lingkungan yang salah (negatif) maka sulit rasanya untuk bisa menyamai pencapaian sukses orangtua kita. Mulai sekarang bergabunglah dan buatlah komunitas positif. Pilih-pilih teman itu boleh namun yang lebih penting menjadi teman yang terpilih. :)

No comments