Berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin tidak bisa terkendali, membuat segala informasi mudah diakses dan diterima. Hampir ...

Awas HOAX



Berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin tidak bisa terkendali, membuat segala informasi mudah diakses dan diterima. Hampir semua orang sudah melek internet dan hampir dari seluruhnya memiliki gadget. Kita tahu sekarang ini eranya smartphone yang merajai industri elektronik. Perlahan tapi pasti kita telah meninggalkan stupidphone dan beralih ke smartphone. Peralihan tersebut semata-mata bukan karena kebutuhan saja, tapi karena tuntutan perkembangan zaman. Perkembangan zaman dan teknologi memaksa kita harus selalu up to date dengan informasi. 

Mudahnya mengakses informasi, memungkinkan semua orang bisa membagikan informasi tersebut ke semua pengguna gadget termasuk smartphone. Bahkan hingga hal yang tidak penting pun bisa langsung terliput dengan cepatnya. Apa pun yang ada di sekitar kita, jika kita ceritakan, beritakan, foto, kemudian diupload atau dishare akan cepat diterima dan diketahui orang lain. Hal ini kemudian seolah menjadi rutinitas dan prioritas dalam aktivitas sehari-hari. 

Namun dibalik kemudahan mengakses informasi, ada kelemahan yang tidak bisa kita kesampingkan. Mudahnya mengakses informasi, membuat semua orang bisa menggunakannya. Termasuk mereka-mereka yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya dengan menyebarkan isu propaganda ataupun hoax. Begitu mudah kita mengakses informasi, begitu mudah mereka menyebarkan informasi tersebut. Hal ini bisa menimbulkan kegelisahan dimasyarakat jika tidak ada tindak lanjut dari peran pemerintah dan masyarakat pada penyebar hoax tersebut. Semakin hal ini dibiarkan, semakin banyak keresahan dan kegelisahan di masyarakat. Dan hal tersebut akan menjadi kebiasaan, jika hal ini tidak ada tindakan lanjut.

Di era informasi seperti ini, kita harus berpikir skeptis. Jangan hanya mau mendengar berita tanpa mencari tahu sumbernya. Jangan hanya tertarik menyimak berita hanya karena dari headline-nya saja, tanpa menyimak isi dari keseluruhan berita tersebut. Sekarang ini media cenderung memberitakan hal yang kontroversial, tak peduli hal tersebut relevan atau tidak. Yang penting bagi mereka, berita tersebut bisa memiliki nilai jual. Waspadalah dengan isu-isu atau berita hoax yang biasa dikirim lewat jejaring sosial ataupun BBM. Jangan mudah terpancing dan percaya dari isu tersebut. Pastikan kita mencari tahu pemberitaan tersebut, tidak hanya dari satu sumber. Ingat, smartphone just smart people. Be smart guys. :)   

0 komentar: