Header Ads

ad

Bersyukur Membuat Kita Makmur



Jika kita menghitung berapa banyak nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita, pastinya kita tidak akan pernah bisa menghitungnya sekalipun kita diberi umur tak terbatas. Setiap jiwa lahir membawa nasib yang berbeda sebagaimana sidik jari kita yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Saat kita lahir, kita telah diberikan karunia berupa talenta atau bakat untuk kita optimalkan. Namun seiring tumbuh dan berkembangnya kita, kita lupa bahkan tidak mampu mengoptimalkan talenta tersebut. Kita sering tidak menyadari jika kita telah diberi talenta yang luar biasa dan bahkan berbeda tiap-tiap individu. Tapi kenapa kita malas untuk mencari dan mengembangkan talenta tersebut? Hingga ada orang yang berkata "aku tidak memiliki kelebihan ataupun bakat". Saya katakan orang tersebut adalah PEMALAS. Karena dia tidak mau berusaha mencari kelebihan ataupun talenta yang dimilikinya. Selain itu orang tersebut juga tidak bersyukur dan menghina Allah karena meremehkan pemberian dariNYA.

Talenta bisa kita asah dengan berlatih secara kontinyu. Jika kita masih bingung dengan talenta kita atau passion kita, cobalah bertanya pada orang-orang terdekat kita. Tanya juga pada diri sendiri, hal apa yang membuat kita merasa nyaman dalam melakukannya, merasa enjoy dalam melakukannya, tetapi menambah skill bagi kita. Bonusnya kita bisa dibayar. Nah, itu yang paling klop. Ya. Hal yang paling menyenangkan adalah saat kita melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion/talenta kita, dan pada saat itu juga kita diapresiasi. Bisa diapresiasi berupa diberikan bayaran, penghargaan, atau tepuk tangan sekalipun. Dimana saat itu hobi menjadi profesi.

Masih males mencari talenta? Ingat, bersyukur bisa membuat kita makmur. Salah satu bentuk syukur adalah mengoptimalkan apa yang telah Allah berikan pada kita. Termasuk menemukan kelebihan yang kita miliki. :)

No comments