Sebarapa sering Anda mengalami perbedaan pendapat? Perbedaan pendapat sering terjadi dalam sebuah kelompok atau organisasi. Tetapi ha...

Beda Pendapat Beda Pemahaman



Sebarapa sering Anda mengalami perbedaan pendapat? Perbedaan pendapat sering terjadi dalam sebuah kelompok atau organisasi. Tetapi hal tersebut adalah hal biasa dalam sebuah organisasi. Yang tidak biasa adalah menerima perbedaan pendapat tersebut. Ketika sebuah organisasi dibentuk, maka segala kepentingan pribadi kita kesampingkan. Ketika setiap kepala yang berbeda isi harus bisa menyatu untuk kepentingan sebuah organisasi tersebut. Begitupun bisnis. Berbeda pendapat itu wajar ketika kita bisa memahami dan menerimanya. Selama perbedaan pendapat tersebut tidak merusak dan mengurangi stabilitas organisasi tersebut. 

Sebuah kelompok akan menjadi kuat jika para anggota-anggotanya telah mengetahui tujuan dari kelompok tersebut dibuat dan menerima kelebihan dan kekurangan anggota-anggota lainnya. Pembagian tugas yang jelas sesuai dengan kompeten yang dimiliki akan meningkatkan kinerja para anggotanya. Terlebih bagi mereka yang menyukai kompetisi. Harus kita ketahui, hidup itu penuh dengan kompetisi. Dan kita harus terbiasa dan membiasakan diri berkompetisi. Jika tidak, kita akan terjebak dalam zona kenyamanan yang akan membunuh kreatifitas kita.

Mengenai perbedaan pendapat tadi. Kita harus belajar dari 4 imam besar. Mereka berbeda pendapat dan pemahaman tapi mereka bisa menerima perbedaan pendapat tersebut tanpa harus ada perseteruan bahkan rasa ketidakhormatan. Mereka bisa menghormati imam-imam yang lainnya sekalipun mereka berbeda pendapat. Jika tidak bisa seperti mereka, carilah anggota tim yang sependapat dengan kita, yang satu visi dengan kita. Jika berbeda lebih baik jangan dipaksakan daripada harus membohongi dan mengorbankan passion dan visi hidup kita. Karena dengan bersinergi kita akan mudah melewati rintangan dan tentunya membuka jalan sukses lebih cepat. RIGHT? Buktikan!

3 komentar: