Sukses adalah kata yang sering kita dengar dari orang lain, terlebih dari orang-orang yang telah berhasil dalam pencapaian hidupnya. ...

Sukses Itu Tak Harus Jadi PNS



Sukses adalah kata yang sering kita dengar dari orang lain, terlebih dari orang-orang yang telah berhasil dalam pencapaian hidupnya. Berbicara soal sukses, apa sih arti dari sukses itu sendiri? Arti dari sukses itu sendiri bisa beragam, tergantung darimana kita memandang definisi dari sukses tersebut. Dalam arti luas, sukses berarti berhasil dalam melakukan hal. Bisa mengendalikan hawa nafsu pun dapat dikatakan sukses. Begitupun dengan mampu bersyukur dalam kondisi apapun bisa dikatakan sukses. Intinya ada perubahan dalam pencapaian hidup kita, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya biasa-biasa menjadi luar biasa, dan yang tadinya sulit dicapai menjadi mudah dicapai. 

AKhir-akhir ini saya mendapat informasi dari beberapa teman tentang akan diadakannya tes CPNS. Ya, banyak dari mereka menginginkan kerja menjadi PNS. Motivasi menjadi PNS bagi mereka pun beragam. Mulai dari karena waktu kerjanya yang tidak terlalu padat, kerjanya santai, mencari aman disaat nanti pensiun, atau pun motivasi beragam lainnya. Hal ini tentunya akan membawa dampak buruk bagi kinerjanya nanti jika motivasi yang mereka miliki hanya untuk sekedar kerja dan terima gaji tanpa adanya kontribusi yang diharapkan. Saya tidak melarang dan menyalahkan Anda untuk menjadi PNS. Kedua orangtua saya pun seorang PNS. Jika Anda jadi PNS, saya hanya menyarankan untuk benar-benar niat kerja karena ibadah itu yang utama. Milikilah skill, kreatifitas, dan etos kerja yang tinggi. Jangan hanya sekedar kerja dan terima gaji tapi minim kontribusi dan prestasi. Kalau hanya sekedar kerja, monyet juga bisa kerja. Kalau hanya sekedar makan, babi hutan juga bisa mencari makan. Kita manusia makhluk yang plaing sempurna harus lebih dari sekedar itu.

Whatever, Anda mau jadi PNS, mau jadi peternak sapi kaya, penjahit beristri banyak, tukang bubur yang bisa naik haji 3 kali, ataupun yang lainnya silahkan. Itu hak Anda. Pertanyaannya jika Anda benar-benar ingin jadi PNS apa yang telah dipersiapkan dari sekarang? Jika pada akhirnya Anda tidak menjadi seorang PNS, rencana apa yang akan dilakukan? Jawab pada diri masing-masing. Cari kerja sekarang memang suli, terlebih jika kita tidak memiliki skill dan pengalaman. Milikilah skill dan pengalaman. Karena semakin Anda berskill dan berpengalaman, semakin mahal bayaran Anda. Dan tentunya Anda semakin diperhitungkan. Sukses itu luas. Pastikan disaat kita sukses, keberadaan kita bisa dirasakan manfaatnya. Dan kesuksesan kita bisa ditularkan pada orang-orang disekitar kita. :)

0 komentar: