“ A Good Leader is A Good Team Player ”.   Pemimpin terbaik adalah mereka yang pernah menjadi anggota tim terbaik. Ya he is the re...

The Real Leader




A Good Leader is A Good Team Player”.  Pemimpin terbaik adalah mereka yang pernah menjadi anggota tim terbaik. Ya he is the real leader. Esensinya setiap manusia adalah pemimpin karena mereka ditugaskan menjadi pemimpin, terlebih bagi dirinya sendiri. Sifati kepemimpinan tersebut telah terbawa dari lahir. Namun seiring tumbuhnya kita, ada dari mereka yang tidak bisa menggunakan bakat tersebut. Beragam alasan mereka miliki untuk menjadikannya dalih ataupun alibi. Bagi seorang lelaki, mereka adalah pemimpin bagi keluarganya. Tugas seorang pemimpin tidaklah mudah. Butuh persiapan, kesiapan, didikan, dan kebiasaan yang baik yang ditanamkan sejak dini. Tak perlu pusing mengambil contoh pemimpin terbaik. Lihat dan baca saja kisah Rasul kita ataupun kisah Muhammad Al-Fatih penakluk Konstantinopel. Kita mungkin tidak bisa menyamai pencapaiannya, tetapi kita bisa mendekati pencapaiannya ataupun menereuskan perjuangannya.
Apakah seorang pemimpi bisa bermetamorfosis menajdi seorang pemimpin? Jawabannya tergantung dari kemauan mereka. Seoarang pemimpin pasti memiliki mimpi dan visi dalam dirinya. Dan tugas merekalah untuk merealisasikannya. Orang yang tidak memiliki visi dalam hidupnya, bisa dikatakan orang tersebut selamanya akan menjadi follower dan akan menjadi bagian dari rencana orang lain. Termasuk yang manakah Anda? Pemimpi akan selamanya jadi pemimpi jika visi hidupnya tidak mampu direalisasikannya.
Dalam hal lain pemimpin seringkali disamakan dan disetarakan dengan bos. Memang terkesan mirip dari makna luas. Tetapi peran mereka jauh berbeda. Seorang pemimpin harus mampu mengkader bawahannya dan menjadi teladan bagi mereka. Sementara bos, cenderung terkesan kurang karismatik dan ditakuti oleh bawahannya. Seorang pemimpin haruslah disegani bukan ditakuti bawahan. Menjadi teladan, dan memberikan alasan perintah bagi mereka bawahannya. Pemimpin teladan tidak hanya sekedar member perintah, tetapi juga memberikan alasan kenapa mereka harus melakukan perintah pemimpin. Seorang pemimpin yang baik tidak memposisikan dirinya seperti bos, tetapi mereka memposisikan dirinya sebagai sahabat dan rekan bagi bawahannya. Tidak ada kesenjangan diantara mereka. Sementara seorang bos, cenderung melakukan perintah tanpa menereangkan indikatornya pada bawahan. Sekali melakukan kesalahan, maka bawahan tersebut kena hardik darinya. Seorang bos  mun cenderung mendemotivasi bawahannya, hingga mereka tidak berkembang karena bos khawatir bawahannya akan lebih pintar dari dia.
Sudah jelas kan sekarang perbedaan bos dengan pemimpin? Mungkin terlalu singkat saya jabarkan disini. Untuk penjelasan detail Anda bisa baca-baca buku tentang kepemimpinan. Pastinya sekarang Anda sudah mendapat gambaran dan bisa membedakan mana bos dan mana pemimpin. J Jadilah pemimpin, jangan hanya sekedar pemimpi.
 Pemimpi + n     = pemimpin
 n                        = (skill x action) + attitude

0 komentar: