Header Ads

ad

Lebih Dari Syukur


 Apa yang kita miliki saat ini hanyalah titipan dan fasilitas yang Allah berikan untuk mempermudah ibadah dan kita bekerja. Dan orang-orang yang pandai bersyukur akan merasakan hal yang jauh lebih baik hidupnya dan lebih beruntung telah mendapatkan titipan yang tidak semua orang sama. Bersyukur itu indah, terlebih jika kita mampu melakukannya dalam segala situasi (saat mendapat kesenangan dan ditimpa kesulitan). 

Sadarkah kita, jika apa yang telah kita dapatkan saat ini baik itu yang berupa materi maupun non materi adalah hal yang pernah kita impikan sebelumnya? Saat kita memiliki kendaraan atau smartphoe misalnya, sadarkah jika sebelumnya kita pernah memimpikan smartphone atau mobil yang telah kita beli itu sekarang ada dalam genggaman kita? Jika yang dulu hanya sebatas mimpi dan hanya bisa melihatnya di etalase toko dan  showroom, sekarang sudah kita miliki dan bawa pulang?.

Ya, satu hal yang patut kita syukuri. Dan beruntunglah bagi kita yang telah impiannya telah menjadi kenyataan, karena berarti Allah telah percaya pada kita untuk dititipkan apa yang kita butuhkan. Dan tugas kita saat itu adalah menjaganya (titipan dariNya). Namun terkadang kita lupa bersyukur disaat kita menemui kesulitan. Bukan syukur yang didapat melainkan umpatan dan prasangka buruklah yang sering ditemui. Impian yang belum kita capai bukan berarti kita tidak beruntung, tidak pantas, ataupun kita gagal dalam mewujudkan impian tersebut. Butuh prasangka baik disaat kita belum mampu mewujudkan impian tersebut. Karena boleh jadi apa yang kita impikan adalah hal yang belum sangat kita butuhkan. Percayalah, Allah Maha Mengetahui setiap makhluknya.

Saat impian belum terealisasi, cobalah introspeksi diri. Bisa jadi kita belum bisa memilikinya karena kita harus belajar bersyukur terlebih dahulu. Atau mungkin impian tersebut akan datang lebih dari apa yang kita harapkan. Percayalah, waktu yang tepat tidak akan datang dipercepat. Dan jangan pernah kita mengharapkan sesuatu yang besar jika kita tidak mampu mensyukuri sesuatu yang kecil. :)

No comments