Dari mata turun ke hati. Saat kita menilai sesuatu termasuk seseorang, yang pertama kali kita lihat hampir seluruhnya adalah kesan pert...

Dengarkan dan Kenali


Dari mata turun ke hati. Saat kita menilai sesuatu termasuk seseorang, yang pertama kali kita lihat hampir seluruhnya adalah kesan pertama (penampilan). Penampilan memang bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari penampilan. Namun bukan berarti penampilan dijadikan patokan dan penilaian absolut bagi kita dalam menilai seseorang. Menilai seseorang hanya dari penampilannya saja, hanya akan memudahkan kita tertipu oleh penampilannya. Tidak sedikit dari mereka yang tertipu dengan penampilan orang lain. 

Menilai orang lain tidak cukup hanya dari penampilannya saja. Sebelum kita menilai orang lain pastikan kita sudah mengenalnya terlebih dahulu. Sebab menilai seseorang hanya dari apa kata orang tidaklah cukup dan tidaklah bijak. Sebelum kita melakukan penilaian alangkah lebih baiknya jika kita bercermin dahulu dan mendengarkan apa yang dia bicarakan sebelum kita berbicara. Karena dengan mendengarkan, kita akan menjadi lebih bijak dalam menanggapi hal dalam penilaian.

0 komentar: