Header Ads

ad

Buka Mata Buka Telinga


Memiliki keahlian khusus memang menyenangkan. Terlebih keahlian khusus tersebut kita pergunakan untuk menunjang karir kita ditambah dengan banyaknya pengalaman yang telah dirasakan. Namun bukan berarti disaat kita memiliki ilmu yang tinggi kita membangga-banggakannya dan menutup mata dan telinga dari apa yang orang lain katakan. Karena bisa jadi orang yang Anda ajak bicara dan bertukar cerita jauh memiliki ilmu yang lebih tinggi dari Anda. Kita bisa dengan mudahnya menutup mata dan telinga dari apa yang orang lain katakan. Dengan mudah kita terkecoh karena sering menganggap mereka lebih bodoh dari kita, sedangkan kita merasa paling pintar diantara mereka.

Sekalipun kita memiliki ilmu yang lebih dari orang yang kita ajak bicara, dengarkanlah apa yang dia sampaikan. Bisa jadi ada ilmu lain yang belum kita kuasai dari dia yang belum kita terima dan belum dia sampaikan. Dengan membuka mata kita bisa lebih sadar diri bahwa kita masih butuh ilmu dan sampai kita mati pun kita akan membutuhkannya. Dan dengan kita membuka telinga, kita bisa lebih mendengarkan apa yang mereka katakan. Mengenal orang tidak cukup dari tampilan luarnya saja, tapi kita pun harus mau belajar dan mempelajari karakter dari mereka. Itulah yang bisa kita sebut mempelajari karakter dan belajar dari kehidupan.

Tak perlu merasa pintar dengan mengatakan mereka bodoh disaat mereka belum mengerti. Tak perlu bangga dengan ilmu yang dimiliki jika kita belum bisa mengamalkannya. Karena belum tentu kita menjadi yang terbaik dan memiliki ilmu yang tinggi dari mereka yang sering kita kucilkan. Dan kita tidak akan merasa malu ketika mereka yang kita anggap bodoh bisa lebih pintar dari kita karena pembuktiannya. :)

No comments