Header Ads

ad

Yang Hidup Yang Diuji


Kapan terkhir kali Anda mendapat ujian? Pertanyaan tersebut sedikit membuat dahi kita mengkerut. Karena kita tidak akan bisa menjawabnya secara pasti. Sepanjang kita hidup, selama itu pula kita diuji. Ujian adalah takdir yang Allah berikan pada kita selaku manusia. Manusia sendiri diciptakan untuk diuji agar kita mau berusaha dan mampu untuk mengatasi ujian tersebut. Sebab Allah tidak akan menguji manusia diluar batas kemampuannya.

Sepenglihatan saya, zaman sekarang mungkin adalah zaman yang penuh dengan ujian. Saat cobaan-coban hidup kita terima dan fitnah demi fitnah menyebar dengan mudahnya. Tidak ada hidup tanpa ujian, hanya orang mati yang tidak mendapatkan ujian. Ujian bisa kita pandang sebagai peristiwa yang baik jika kita mampu mengambil hikmahnya dan bisa juga menjadi buruk jika kita tidak mampu mensyukurinya. Suatu peristiwa memiliki sifat yang netral. Tergantung bagaimana kita mensikapinya. Jika kita mensikapinya dengan positif, hasil yang diinginkan pun akan baik begitupun sebaliknya.

Ujian tidak hanya nampak dari kesusahan saja, kemudahan dan kesenangan pun merupakan sebuah ujian yang harus kita sikapi. Banyak orang yang sabar dan mampu menahan sakit dan kesusahan hidup, namun kita bisa menghitung mereka yang tegar dan sabar dalam menghadapi ujian kesenangan termasuk sehat. Rasa takut akan ujian hanya akan menambah kadar rasa ketidak amanan pada diri yang bisa membunuh motivasi kita untuk berkembang. Sesungguhnya, apa yang kita miliki saat ini adalah ujian bagi kita. Ujian untuk mengetahui sejauhmana usaha yang telah kita lakukan. Apakah kita sudah layak mendapatkan apa yang kita harapkan atau tidak. Semua tergantung kita dalam menghadapi ujian-ujian kehidupan tersebut.


No comments