Seringkali kita berbuat salah namun disisi lain kita terkadang merasa tidak bersalah meskipun kenyataannya kita memang bersalah. Salah ...

Salah Ini Milik Siapa?


Seringkali kita berbuat salah namun disisi lain kita terkadang merasa tidak bersalah meskipun kenyataannya kita memang bersalah. Salah adalah hal yang terbiasa dilakukan manusia disaat dirinya khilaf ataupun sadar secara sengaja melakukannya. Banyak alasan berbuat kesalahan, diantaranya karena memang benar-benar belum atau tidak tahu dan karena ada intimidasi dari pihak lain. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, karena tanpa kesalahan mereka tidak akan pernah tahu kebenaran. Dan dari kesalahan itu pula mereka bisa belajar kebenaran. 

Tidak semua kesalahan mengandung dosa. Namun seringkali kita dalam melakukan sesuatu dibayangi rasa takut akan berbuat kesalahan. Rasa takut itu muncul karena kita sering mendapat tekanan dari orang lain terhadap apa yang kita lakukan. Saat kita kecil orangtua kita pastinya banyak melarang kita dalam berbuat hal atau mungkin sekedar mengalihkan tindakan kita dengan cara yang bisa membodohi kita. Namun tidak semua orangtua seperti itu. Mereka mungkin merasa takut dengan hal buruk yang akan kita terima jika kita melakukan sesuatu tanpa mereka pernah coba. Ketika kita ingin melakukan ini-itu, mereka terkadang melarang dengan alasan ini-itu yang terkadang tidak masuk diakal. 

Tekanan tersebut bisa mempengaruhi kreatifitas dan rasa keingintahuan kita. Padahal saat kita kecil, kita hanya punya modal keingintahuan dan ketidaktahuan pada suatu hal. Tak perlu takut salah dalam melakukan suatu hal selama hal itu tidak mengandung dosa dan selama yang kita lakukan itu halal dan legal. Kesalahan bisa menunjukkan kita ke arah yang lebih benar. Jika kita takut salah, saat itu juga kita telah membunuh rasa keingintahuan kita. Ingat! Ketidaktahuan adalah akar dari kebodohan. Lakukan apa yang kita bisa, jangan takut salah, dan jangan mudah menyerah!

Semoga bermanfaat.

0 komentar: