Setiap yang tercipta terlahir memiliki pasangan. Pria-wanita, tua-muda, hidup-mati, sehat-sakit, kaya-miskin, pintar-bodoh, kelebihan...

Kelebihan Yang Melenakan



Setiap yang tercipta terlahir memiliki pasangan. Pria-wanita, tua-muda, hidup-mati, sehat-sakit, kaya-miskin, pintar-bodoh, kelebihan-kekurangan, dan lain sebagainya. Namun yang akan dibahas kali ini hanya pada kelebihan-kekurangan. Setiap orang terlahir dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Masing-masing dari mereka diwajibkan untuk saling melengkapi dan menguatkan. Bukan untuk saling mencemooh dan menjatuhkan.

Kelebihan yang kita miliki tanpa disadari terkadang melenakan kita hinga melupakan kekurangan yang dimiliki. Orang yang terlalu mengagungkan kelebihannya, cenderung melupakan kekurangan yang dimilikinya. Dan orang yang sering mengeluhkan kekurangannya, akan melupakan kelebihan yang tidak disadarinya. Ketika kita memiliki kelebihan, saat itu juga kita belajar dari kekurangan. Dan ketika kita memiliki kekurangan, saat itu pula kita belajar dari kelebihan.

Terkadang kita menyia-nyiakan kelebihan yang dimiliki hanya karena kita tidak memikirkan kekurangan yang dimiliki. Disaat orang lain memiliki kekurangan sementara kita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mereka, saat itulah kita belajar arti bersyukur. Kita memang terkadang menginginkan suatu hal yang lebih dari yang dimiliki, tapi disisi lain kita tidak mau dan mampu mensyukurinya. Harus diketahui, dengan bersyukur kita bisa lebih menghargai hidup dan memaknai hidup.

Terlena dengan segala kelebihan hanya akan mendekatkan kita pada kesombongan. Kita terkadang ingin diperlakukan baik dan dinomor satukan dalam setiap urusan. Tapi apakah kita selalu menomor satukan Allah yang memberi kita kehidupan? Ada diurutan berapa Allah dalam hidup kita? Sebab prasangka Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Jika kita dekat denganNya, Dia pun akan mendekat. Jika kita jauh dariNya, Dia pun akan menjauh dari kita. Jika kita ingin dinomor satukan olehNya dalam berbagai urusan, maka nomor satukan lah Dia dalam setiap urusan kita. Jangan biarkan kelebihan yang kita miliki melenakan kita dalam kehidupan ini. Harus diingat! Kelebihan yang kita miliki hanyalah titipan dan ujian dariNya untuk menguji hambanya yang beriman. Semoga kita senantiasa dalam rahmatNya.

Semoga bermanfaat.

0 komentar: