Header Ads

ad

Ingin Sabar? Ya Belajar


Sabar, adalah kata sederhana yang sering kita dengar ketika kita terjatuh dan sering kita ucapkan ketika kita menasehati mereka yang terjatuh. Begitu simpel dan terkesan sangat sederhana kata "sabar". Namun diluar itu memiliki makna yang besar dan mulia. Segelintir orang mengatakan mudah untuk berucap tapi sulit untuk berbuat. Sabar memang membutuhkan kebesaran hati. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan selama kita mau melatihnya. Selalu berpikir positif dalam mengambil hikmah di setiap kejadian adalah modal utama dalam melatih kesabaran.

Pikiran yang ada dalam benak kita, secara tidak sadar akan mempengaruhi suasana hati yang bisa memperkeruh keadaan atau bahkan menjernihkan keadaan. Semua tergantung dari inputan kita. Ketika kita memasukkan pemikiran negatif, saat itu juga pikiran kita menstimulus suasana hati menjadi buruk dan bisa memperkeruh keadaan. Sebaliknya. Saat kita memasukkan pemikiran positif, saat itu juga suasana hati kita terasa baik dan bisa memperjernih keadaan. Tidak ada hari/tanggal/tahun yang buruk, yang ada hanyalah pikiran negatif kita yang membuat suasana hati kita terasa buruk.

Terlepas dari itu semua. Sabar pun terdapat dalam kesetiaan. Karena dengan kesabaran kita mampu bertahan dan membuktikan kesetiaan tersebut. Selama kita mau berpikir positif dan berbesar hati, kita bisa belajar kesabaran. Where there's a will there's a way. Jangan jadikan kesabaran sebagai alasan hanya untuk mereka yang lemah. Sabar bukanlah pasrah, bukan juga sikap orang-orang lemah. Justru mereka yang bersabarlah yang memiliki pribadi kuat dan bermental tangguh. 

1 comment:

  1. saya coba bersabar nunggu gambar loadingnya selesai ya mas? :)

    ReplyDelete