Header Ads

ad

Sekarang Diinjak, Besok Terjungkal


Berstatuskan mahkluk yang paling sempurna diantara makhluk lainnya, bukan berarti kita sebagai manusia bisa menjadi manusia sempurna dari manusia-manusia lainnya. Tidak ada manusia yang sempurna tanpa cela bebas dari kesalahan. Sebab kesempurnaan hanya milik Allah. :) Setiap manusia pernah berbuat dosa. Tak peduli besar atau kecil, dirasa atau tidak, dan disengaja atau tidak, kita pernah berbuat dosa dalam setiap hela nafas kita. Setiap manusia yang memiliki masa lalu, berhak memiliki masa depan meskipun pendosa sekalipun. namun celakalah bagi pendosa yang tidak mau mengubah masa depannya menjadi lebih baik. Sebab jika dia tidak mau dan tidak bisa mengubah masa depannya dia hanya akan hidup dalam kehinaan.

Seseuatu yang besar memang selalu mudah diingat. Namun sesuatu yang kecil pun bisa berdampak besar jika kita menyepelekannya. Terkadang hal kecil yang kita lakukan akan tidak terasa dilakukan ketika kita telah terbiasa melakukannya. Namun ketika kita telah terbiasa melakukannya, bisa jadi hal kecil tersebut memiliki dampak yang sama dan setara dengan hal yang besar. Kita sering melakukan dosa kecil yang kadang tidak kita rasa, bila ini sudah menjadi kebiasaan untuk dilakukan, bukan tidak mungkin timbangan dosa kecil itu akan setara dengan timbangan dosa besar bukan? Naudzubillah. Ya, hal kecil yang sering kita sepelekan ternyata bisa menjungkalkan kita. Karena yang sering membuat kita terpeleset di jalan pun adalah sekumpulan kerikil kecil yang sering tidak kita lihat & perhatikan.

Tidak semua hal kecil itu tidak bermanfaat, contohnya memberikan senyuman pada orang lain adalah sedekah paling murah dan itu adalah salah satu hal kecil yang bermanfaat diantara hal kecil lainnya. Menganggap remeh hal kecil dan tidak mempelajarinya hanya akan membuat kita lengah dan sombong. Ketika kita menentukan langkah & mulai melangkah, perhatikanlah lingkungan sekitar kita. Sebab dari sanalah kita meninggalkan jejak.

Semoga bermanfat

No comments